You are here
Warga Desa Manggul Antusias Ikuti Sosialisasi Perdes Hewan Ternak BENGKULU HEADLINE 

Warga Desa Manggul Antusias Ikuti Sosialisasi Perdes Hewan Ternak

BJ 4

Bj 7BENGKULU SELATAN, MS – Warga Desa Manggul, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan sangat antusias mengikuti sosialisasi Peraturan Desa (Perdes). Kegiatan itu sendiri dipusatkan di kantor Desa Manggul, Rabu (13/3/2019).

Sosialisasi ini dihadiri nara sumber dari dinas2 terkait. Dinas Pertanian, Kasi trantib kec Manna, Satpol PP dan Damkar serta hadir juga Kepala UPT Puskeswan dr. Erwin Affrino.

Kepala UPT Puskeswan dr. Erwin Affrino mengatakan, hewan ternak yang dikandangkan justru banyak keuntungannya. “Ya, mulai dari kesehatanya akan lebih mudah untuk mengontrolnya,” ujar Erwin.

Selain itu, lanjut Erwin dari kotoran hewan ternak bisa menjadi penghasilan tambahan. Seperti air kencing sapi, kotor sapi atau pun kambing sekarang sudah memiliki harga. “Pembelinya pun akan datang untuk menampung kotor hewan ternak tersebut,” pungkasnya.

Disamping itu juga, untuk dapat memrogram perkembangbiakan hewan ternak tersebut, dengan cara melakukan perkawinan silang dengan model menyuntikan jenis sapi unggulan. “Jadi sangatlah banyak keuntungan yang didapat dengan hewan ternak kita kandangkan”, imbuhnya.

BJ 2Bahkan, menurut dia, pemerintah daerah akan mensubsidi biaya asuransi. “Bagi masyarkat yang mau mgansuransikan hewan ternaknya, bila hewan ternaknya sudah kandangkan.
Semoga dengan mendengarkan penjelasan dari para nara sumber, warga Desa Manggul akan lebih memahami betapa banyak keuntungan yang akan didapat dengan sistem hewan ternak dikandangkan,” imbuhnya.

Sementara Kepala Desa Manggul, Jalil menuturkan sebenarnya para petani tidak perlu mengandang tanamanya lagi, bila hewan ternak sudah tidak berkeliaran lagi. “Dan kami ingin Perdes yang sudah kita sepakati harus ditaati bersama,” pungkasnya.

Untuk mengenai besaran sanksi, belum ada keputusan. “Kami akan melakukan musyawarah dalam desa dulu, yang jelas sebelum tanggal 31 Maret, Perdes Manggul akan segera kami rampungkan,” tegas kades. (bajul/adv)

BJ 6

Related posts

Leave a Comment