You are here
Yonkav-5/DPC Karang Endah Gelar Tradisi Ruwahan DAERAH HEADLINE 

Yonkav-5/DPC Karang Endah Gelar Tradisi Ruwahan

MUARAENIM, MS – Batalyon Kavaleri (Yonkav)-5/Dwipangga Ceta (DPC) Karang Endah menggelar tradisi sosial keagamaan yang disebut Ruwahan dalam menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah, Kamis (2/4/2019).

Tradisi bulan Ruwah atau Syakban yang dilakukan oleh seluruh anggota Yonkav-5/DPC beserta ibu persit Kartika Candra Kirana (KCK) cabang XII ini digelar di Masjid At-Taqwa yang memiliki rangkaian acara yang hampir sama dengan kenduri arwah atau tahlilan, yaitu dibuka dengan bacaan surat Yasin secara berjamaah yang dilanjutkan dengan bacaan thayyibah atau tahlil, dan diakhiri dengan doa untuk para leluhur serta kemudian diiringi dengan pemotongan tumpeng.

“Kegiatan ruwahan tersebut merupakan tradisi yang dilaksanakan di Yonkav-5/DPC untuk menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan. Juga agar mempererat tali silaturahmi dan saling memaafkan atas segala kesalahan,” ungkap Komandan Yonkav-5 (Danyonkav-5) DPC Karang Endah, Letkol Kav Shawaf Al Amien, S. E kepada wartawan.

Danyonkav-5/DPC Karang Endah mengatakan, bulan Ramadhan adalah bulan yang memotivasi untuk bersaing dalam melakukan segala macam kebaikan, kedermawanan, dan ihsan.

“Bulan Suci Ramadhan juga merupakan bulan kepedulian dan kepekaan untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang tidak mampu, bulan kerja sama dan solidaritas,” katanya.

Dengan dilaksanakan kegiatan ini, Letkol Kav Shawaf pun berharap kepada seluruh prajurit Yonkav-5/DPC Karang Endah agar lebih meningkatkan dan memaksimalkan ibadah puasanya serta untuk berlomba-lomba mencari pahala pada bulan suci Ramadhan nanti.

“Semua umat Islam di bulan suci Ramadhan diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh bagi yang tidak ada udzur sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Baqarah: 183,” ucap Letkol Kav Shawaf mengingatkan. (din/al)

Related posts

Leave a Comment