oleh

Puluhan Rumah Dihantam Puting Beliung

LUBUKLINGGAU, MS – Angin puting beliung disertai hujan deras menghantam puluhan rumah warga di Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Kota Lubuklinggau, Rabu (18/10/2017). Bahkan, satu rumah warga ambruk dan rumah lainnya mengalami kerusakan cukup parah.

Kendati demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Aparat pemerintah setempat langsung turun kelapangan untuk mendata rumah warga yang tertimpa musibah.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan dilapangan, peristiwa bencana alam tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Kejadian bermula ketika cuaca terik matahari lambat laun langit berubah gelap. Kemudian diirngi angin kencang serta hujan lebat.

Salah satu rumah warga milik Hendi Saputra ambruk, dan 6 rumah mengalami kerusakan cukup parah, dan 8 rumah di RT 11 juga dihantam angin puting beliung.

Berdasarkan informasi dihimpun, terdapat sejumlah rumah warga diwilayah Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Lubuklinggau Barat II yang kena angin puting beliung, menyebabkan atap rumah melayang dan pondasi patah.

Sejumlah rumah warga yg mengalami kerusakan diantaranya milik Hendi, Dedi, Sunani, Bogek, Seri, Rusbet, Sanusi, Sukir, Rudi dan Usup. ”Tadi hujan lebat, nah tiba-tiba ada angin kencang ,angin puting beliung, sudah jadi seperti ini rumah kami,” katanya kepada wartawan.

Dikatakannya, rumah-rumah tetangganya juga banyak yang digulung angin puting beliung, namun kebanyakan hanya atapnya yang melayang, tidak separah rumah miliknya.

Senada dikatakan Budi, warga RT 6, Kelurahan Lubuk Aman menuturkan, saat kejadian itu dia, istri dan 3 anaknya sedang berada dalam rumah. Tiba-tiba hujan lebat disertai angin kencang menyambar atap rumah mereka hingga lepas.

“Kami sekarang mengungsi sementara ke rumah orang tua yang tidak jauh dari rumah saya. Alhamdulillah keluarga saya selamat semua. Tadi sudah ada dari pemerintahan datang kesini,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani saat ditemui wartawan dilokasi bencana alam mengungkapkan, pemerintah kota bersama dinas sosial, kecamatan, kelurahan dan kepala rukun tetangga terus melakukan pendataan rumah warga yang tertimba musibah angin puting beliung.

“Sekarang kami terus melakukan pendataan rumah warga yang rusak parah dan ringan akibat puting beliung. Kami juga akan langsung memberikan bantuan yang dibutuhkan warga sekarang ini,” katanya. (dhiae)

 

News Feed