You are here
2021, Dinas Pertanian Dapat Program PATB BENGKULU HEADLINE 

2021, Dinas Pertanian Dapat Program PATB

BENGKULU SELATAN, MS – DInas Pertanian Bengkulu Selatan mendapatkan program dari pusat pengelolaan Perluasan Area Tanaman Baru(PATB) untuk sebelas Kecamatan di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan, Ir Silustero usai mengikuti rapat paripurna di gedung DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dikatakan dia, adanya program Perluasan Area Tanaman Baru (PATB) ini pihaknya menyambut dengan baik, karena program tersebut bisa menjadi salah satu cara Pemerintah Daerah untuk meningkatkan swasembada pangan.

“Ada pun bantuan yang akan diberikan oleh pusat berupa paket pupuk, bibit, racun dan sebaginya, yang khusus diperuntukan untuk lahan tidur atau lahan yang belum pernah digarap,” ujar Silustero, Senin (14/12).

Untuk itu pihaknya akan melihat kondisi lahan yang dinyatakan oleh masyarakat siap untuk digarap, sesuai dengan kondisi lahanya. Bisa dijadikan lahan tadah hujan ataupun lahan persawahan seperti selama ini. Yang termasuk dalam katagori lahan belum pernah digarap atau lahan tidur.

Luas lahan yang akan dijadikan PATB ini sekitar 280 Hektar, yang akan disebar di sebelas Kecamatamatan di Kabaputen BS. Dengan pendataan yang akan dilakukan oleh pihak Dinas Pertanian, pada saat cek dilapangan mana – mana lahan yang bisa digarap dan dimasukkan dalam program tersebut.

“Kedepannya diharapakan dengan adanya PATB ini akan meningkatkan produktifitas pertanian kita secara keseluruhan, Mengurangi adanya lahan – lahan tidur yang dinilai tidak produktif. Semoga saja program ini nanti mampu membuat Bengkulu Selatan menuju Swasembada Pangan,” tutup Silustero. (bajul)