oleh

39 Orang Eks Anggota Paham Radikal NII Asal OKUT Kembali Memeluk NKRI Dan Pancasila

OKUTIMUR, MS – Setelah sempat mengikuti kegiatan yang berkedok keagamaan, dengan mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi keagamaan, paham radikal Negara Islam Indonesia (NII). Sebanyak 39 orang yang berasal dari Kabupaten OKU Timur mengikrarkan diri kembali setia kepada NKRI dan setia kepada Pancasila, Kamis (2/6/2022).

Bupati OKU Timur H Lanosin Hamzah ST mengatakan, seluruh pihak telah berpartisipasi dalam pencegahan penyebaran paham radikal yang mengarah kepada terorisme di Kabupaten OKU Timur. Hal itu dilakukan guna mencegah paham radikal di OKU Timur berbasis kekerasan yang mengarah kepada terorisme.

“Sebanyak 39 orang masyarakat Kabupaten OKU Timur yang terpapar NII. Akhirnya, bersedia kembali kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan mengikuti pencabutan BIAT sebagai anggota NII, yang berlangsung di Balai Rakyat Kabupaten OKU Timur. Hal tersebut, dilakukan setelah pendekatan dan sosialisasi oleh pihak terkait,” katanya.

Sementara, Gubernur Sumsel, H Herman Deru SH mengatakan, pihaknya sangat terharu mendapatkan informasi ada ya eks anggota paham radikal Negara Islam Indonesia (NII) yang kembali memeluk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan setia kepada Pancasila.

Dirinya sangat mengapresiasi seluruh pihak terkait yang telah melakukan sosialisasi dan berhasil merangkul kembali penganut paham radikal NII untuk kembali setia kepada NKRI dan Pancasila.

“Saya lebih terharu dan bangga, tidak ada kata yang tepat dapat disampaikan yang telah mengantisipasi sejak dini. Mendeteksi sejak awal, saudara kita yang berafiliasi dengan NII,” pungkasnya. (Boy)

News Feed