oleh

April 2017, Dana Desa Dikucurkan

PRABUMULIH, MS – April 2017 pemerintah pusat akan mengucurkan dana desa kesejumlah daerah termasuk kota Prabumulih. Besaran anggaran dana desa untuk kota Prabumulih yang sudah ditetapkan berdasarkan perwako nomor 7 tahun 2017 senilai Rp 12.839.079.000 miliar.

Nah, terkait penggunaan dan pengelolaan dana desa tahun 2017, Inspektorat Pemkot Prabumulih meminta warga untuk mengawasi pemakaian dana tersebut.

“Kita minta masyarakat untuk turut serta mengawasi dan memplototi pemakaian dana desa. Karena dana desa peruntukannya untuk desa, untuk pembangunan dan pemberdayaan. Jika ada yang janggal harus dilaporkan dan akan ditindaklanjuti,” ujar Inspektur Kota Prabumulih, Drs Yosep Manjam ketika ditemuin diruang kerjanya, Selasa (14/3/2017).

Yosep menjelaskan, untuk kepala desa maupun perangkat desa juga harus benar-benar teliti dalam mengalokasikan dana desa. Apalagi saat ini selain masyarakat diminta berperan melakukan pengawasan, sejumlah aparat juga mengawasi penggunaan dana desa.

“Kades jangan main-main, semua mengawasi mulai dari pemerintah, kepolisian, kejaksaan dan masyarakat. Jangan sampai kejadian tahun lalu yang mana ada satu desa bermasalah dalam pengelolaan dana desa,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Drs Aris Apriadi MSi menambahkan untuk desa di kota Prabumulih rata-rata desa mendapatkan dana lebih dari Rp 1 miliar.

“Desa yang terbesar yakni Desa Tanjung Telang dapat Rp 1.260.296.000. Sedangkan yang terkecil yakni Desa Karang Bindu dapat Rp 932.732.000,” ungkapnya.

Aris pun berharap nantinya setelah keluar berjalan sebagaimana mestinya tidak ada yang terhambat. “Saat ini pengajuan pencairan dana desa sudah disampaikan ke pemerintah pusat. Tinggal menunggu kabar dari kementerian keuangan, mudah-mudahan nanti April serempak dengan daerah lain,” pungkasnya. (nor)

News Feed