oleh

Bertemu Ketua DPRD, Presidium Gelumbang Serahkan Berkas Pemekaran

PALEMBANG, MS – Tim Presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG) bertemu dengan Ketua DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) H M Giri Ramandha N Kiemas, sekaligus menyerahkan berkas kajian yang direncanakan akan dimekarkan dari Kabupaten Muaraenim. Bahkan, seluruh Ketua dan Komisi I DPRD Sumsel mendukung sepenuhnya pembentukan Kabupaten Gelumbang. Audensi dan penyerahan berkas kajian itu sendiri dipusatkan di ruang rapat DPRD Sumsel, Senin (19/9).

Dalam pertemuan itu, Giri Ramandha menyambut baik kedatangan tim PPKG. “Pada prinsipnya saya selaku putra Kabupaten Muaraenim sendiri mendukung sepenuhnya pemekaran Kabupaten Gelumbang ini,” ujar Giri yang Ketua DPD PDIP Sumsel ini.

Giri meminta agar Komisi I DPRD Sumsel yang membawahi bidang ini agar lebih proaktif dengan tim kajian. “Saya tahu isi Komisi I ini orang yang mengerti berpengalaman dalam hal ini. Mudah-mudahan teman-teman komisi I dapat bekerjasama dengan tim presidium,” ungkapnya.

Bahkan, ia berjanji akan segera menjadwal pembahasan rencana Pemekaran Kabupaten Gelumbang. “Target kita akhir tahun 2016 pembahasan di DPRD Sumsel dapat segera terselesaikan. Sehingga dapat mengejar Moratorium pemekaran di Kementrian Dalam Negeri,” ungkap Giri.

Dikatkan dia, tim Presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang segera melengkapi berkas pemekaran. “Penyelesaian tapal batas harus segera diselesaikan. Jangan sampai ada permasalahan dikemudian hari,” tegas Giri.

Untuk itu, ia mengharapkan agar pemerintah provinsi (Pemprov) untuk segera berkoordinasi dengan DPRD Sumsel. “Mudah-mudahan proses pemekaran Gelumbang cepat dibahas. Ya, kalau sudah lengkap berkas pemekaran Gelumbang jangan ditunda lagi,” pungkasnya.

Ketua Komisi I DPRD Sumsel Kartika Sari Desi mengapresiasikan kepada presidium Kabupaten Gelumbang. “Proses pemekaran Kabupaten Gelumbang termasuk cepat. Padahal seperti tidak ada gaungnya. Tiba-tiba disetujui kabupaten iduknya,” ungkapnya.

Ia berjanji akan secepatnya mendorong pembahasan pemekaran Kabupaten Gelumbang. “Kami (Komisi I, red) mendukung sekali pemekaran Kabupaten Gelumbang,” tegasnya.

Penasehat Presedium Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG) Ir H Hanan Zulkarnain MTP didampingi Ketua PPKG H Rani Kodim SH mengatakan bahwa, tujuan dari audensi yang dilakukan hari ini untuk menindaklanjuti hasil MoU Pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan DPRD tentang pembentukan Kabupaten Gelumbang.

“Pemkab Muara Enim bersama DPRD Muara Enim pada 30 Agustus 2016 lalu telah bersepakat melepaskan Gelumbang menjadi daerah otonomi baru (DOB) di Sumateral Selatan. Untuk itu kami dari Presedium datang untuk bersilaturahmi dengan DPRD Provinsi Sumsel sekaligus menindaklanjuti program pemekaran gelumbang agar secepatnya dibahas di lintas Komisi yakni Komisi I DPRD Sumsel,” ujar Hanan.

Sebenarnya, dikatakan Hanan, secara geografis calon Kabupaten Gelumbang sendiri sudah putus dengan kabupaten induknya yaitu Muaraenim. “Lihat saja sendiri, Gelumbang dengan induknya dipisahkan oleh Kota Prabumulih,” imbuh Hanan.

Dikatakan dia, pihaknya sangat berharap kiranya Anggota DPRD Sumsel dapat segera melakukan pembahasan guna mewujudkan keinginan masyarakat. “Kita inginkan secepatnya Gelumbang menjadi Kabupaten,” tegasnya.

Senada juga disampaikan oleh Rani Kodim. Ketua Tim Presedium Pemekaran Gelumbang itu berharap agar seluruh Fraksi Maupun Komisi di DPRD Sumsel dan tidak lupa Anggota DPRD Propinsi Dapil Muara Enim dapat menyatukan visi demi terwujudnya Gelumbang menjadi Kabupaten. “Seluruh prosedur penunjang kelayakan kabupaten telah lengkap dalam dokumen. Demikian juga dengan hasil kajian akademis berikut indikator penunjang telah dibukukan,” ujarnya.

Anggota DPRD Sumsel Edy Rianto mengatakan sangat yakin calon Kabupaten Gelumbang akan maju. “Saya sangat setuju sekali Gelumbang dimekarkan jadi Kabupaten. Supaya masyarakat di calon Kabupaten Gelumbang merasa pembangunan yang merata,” pungkas Edy. (nor)

News Feed