oleh

Bupati dan Dirut PT BA Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan PLTS

LAHAT, MS – Peletakan batu pertama Rencana Pembangunan PLTS ( Pembangkit Listrik Tenaga Surya ) yang dilakukan oleh Direktur Utama PT Bukit Asam (PT BA) TBK Surya Eko Hadianto dan Bupati Lahat Cik Ujang untuk Desa Nanjungan kecamatan Merapi Timur, Rabu (8/9/21).

Direktur Utama PT Bukit Asam TBK Surya Eko Hadianto menjelaskan secara simbolis akan mengawali kerja antara PTBA dan warga Nanjungan untuk membangun pernbangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang akan digunakan untuk keperluan pengairan sawah oleh warga Desa Nanjungan, Kecamatan Merapi Timur, Lahat, Sumatera Selatan.

PLTS ini nantinya akan menyuplai listrik ke pompa irigasi, di mana selama ini untuk pengairan sawah warga biasa mengandalkan tadah hujan.

Dengan kehadiran PLTS dan pompa irigasi, tentunya warga diharapkan bisa semakin optimal mengelola lahan dan sawahnya.

Kapasitas PLTS ini mencapai 27.500 watt, dan akan melistriki pompa irigasi yang berkapasitas 30 liter per detik.

” Pompa irigasi ini bisa mengairi sekitar 100 hektare sawah dan tentunya bermanfaat untuk ratusan petani di desa Nanjungan, dengan memanfaatkan teknologi ini,” jelasnya.

diharapkan panen warga akan semakin optimal. Yang semula satu kali satu tahun karena kendala cuaca, bisa 2 hingga 3 kali setahun panen.

” Insya Allah pembangunan PLTS ini bukan sekedar program CSR PTBA, tapi wujud nyata PTBA dalam menerapkan noble purpose, yakni perlambang untuk peradaban, kesejahteraan, dan masa depan yang lebih baik.
Kami menginginkan keberadaan PTBA sebagai perusahan tambang membawa manfaat lebih banyak ke masyarakat, teemasuk warga desa Nanjungan yang memiliki potensi lahan sawah yang luar biasa,” katanya

Di harapkan, lanjut Surya Eko Hadianto, tentunya kehadiran PLTS dan pompa irigasi ini, pertama-tama dapat membangun ketahanan pangan kawasan dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan panen, yang Insya Allah, bisa naik dua kali lipat
PTBA telah membuktikannya di beberapa desa sebelumnya, dengan membangun PLTS dan pompa irigasi serupa. Salah satunya di Tanjung Raja, Muara Enim.

Kehadiran PLTS dan pompa irigasi di desa tersebut membuat panen yang semula setahun sekali kini bisa 2 kali, kesuksesan di PLTS Tanjung Raja dapat dirasakan juga oleh warga desa Tunjangan dalam waktu dekat

Selain pembangunan PLTS, PTBA hari ini juga menyerahkan beras sebanyak 20 ton untuk warga Kabupaten Lahat• Penyerahan beras ini’ harapannya dapat membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi dampak pandemi COVID-19 yang masih berlangsung sampai saat ini•

” beras yang kami serahkan melalui Pemda Kabupaten Lahat, didistribusikan tentunya secara proporsional Oleh pemerintah daerah. Untuk Desa Nanjungan, dari total 20 ton tersebut rencananya akan diserahkan sebanyak 2 ton. Sisanya akan dibagikan kepada saudara saudara kita yang berada di Desa Merapi Timur, Desa Merapi Barat, dan sisanya oleh Pemerintah Kabupaten Lahat.

DistribusikanPTBA berharap pembangunan PLTS dan pompa irigasi dapat berjalan lancar dan selesai dalam waktu dekat, sehingga bisa segera membawa banyak manfaat ke masyarakat Desa Nanjungan. Juga bantuan berupa beras, bisa dimanfaatkan untuk meringankan dampak pandemi COVID-19 yang masih melanda kita semua.

Kerja sama PTBA dan warga, serta pemerintah daerah ini, harapannya juga akan terus berlanjut ke depan. Bersama-sama, bergandengan tangan, untuk membangun lingkungan kita agar menjadi lebih baik dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

” Semoga niat baik kami disambut dengan hangat, dan kita bisa bersama-sama bekerja untuk membangun Desa Nanjungan khususnya, dan Kabupate Lahat pada umumnya,” tutupnya.

Bupati Lahat Cik Ujang sangat berterima kasih kepada PTBA TBK dengan dibangunya PLTS, masyarakat akan sangat terbantu

“Atas nama Pemerintah , saya ucapkan terimakasih atas perhatian yang diberikan PTBA kepada masyarakat Nanjungan dengan adanya PLTS nantinya dapat meningkatkan penghasilan pertanian yang menjadikan masyarakat petani lebih sejahtera,” tutur Cik Ujang. (Nur)

News Feed