oleh

Bupati Launching Program BB- PPKM

LAHAT, MS – Bupati Lahat Cik Ujang, SH launching dan melepas program penyaluran bantuan beras (BB) Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kepada masyarakat Kabupaten Lahat tahun 2021, di Gudang Bulog Kabupaten Lahat, Jumat (23/07).

Penyaluran beras ditandai dengan pelepasan truk yang memuat beras untuk sejumlah kelurahan di Kecamatan Kota Lahat, serta Bupati Lahat bersama Pj Seketaris Daearah (Sekda) Lahat, Jajaran SKPD Lahat, Kepala Bulog Lahat menyerahkan langsung beras sebanyak 10 Kg kepada perwakilan penerima.

Laporan Kepala Bulog Cabang Lahat Harmein Indra pohan mengatakan pada kesempatan ini, forum bulog mendapatkan penugasan oleh Kementerian Sosial hasil dari tindalanjut arahan Preseden RI terkait penanganan bencana melalui cadangan Beras Pemerintah (CBP) bagi keluarga penerimaan manfaat program keluarga harapan (PKH) sebanyak 10 Juta KPM dan bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 10 Juta KPM di seluruh Indonesia selama pembelakuan kegiatan masyarakat dengan jumblah bantuan sebanyak 10 Kg beras per masing- masing KPM. Untuk Kabupaten Lahat, adapun jumlah penerima BB-PPKM yaitu, PKH sebanyak 18.049 orang dan beras sebanyak 180.490 Kg dan BST sebanyak 5.109 orang dan beras 51.090 KG.

“Kegiatan Launching Program BB- PPKM ini kita telah mengudang 41 KPM PKH dan KPM BST berjumblah 75 KPM dengan beras sebanyak 750 Kg. Semoga dengan adanya program ini dapat membantu masyarakat dan mengurangi beban kebutuhan pokok pangan khususnya beras selama berlangsungnya PPKM ini. Besar harapan kami program BB-PPKM ini dapat terlaksana sebagaimana mestinya dan dapat berjalan dengan baik. dan kedepannya kami juga mendapat penugasan penyaluran BB-PPKM ini kepada KPM BPNT dengan 10 Kg per KPM dengan jumblah KPM BPNT sebanyak 8. 800.000 KPM, beras sebanyak 88 000.000 kg di seluruh Indonesia, ” jelasnya.

Sementara arahan Bupati Lahat Cik Ujang, SH mengatakan Pemerintah memberikan bantuan beras PPKM dimasa pandemi, seyogyanya hal ini sudah masuk dalam tanggap darurat bencana Nasional. Oleh karena itu mengharapkan bagi menerima untuk dapat memperfaatkan bantuan ini untuk kebutuhan sehari- hari, setiap penerima mendapatkan beras 10 Kg.

“Adapun yang penerima manfaat beras PPKH tahun 2021, jumblah KPM BST sebanyak 5.109 orang, jumblah KPM PKH sebanyak 18.049 orang dengan total keseluruhan total KPM sebanyak 23.158 orang, masing- masing KPM mendapat beras 10 Kg dengan total beras yang akan dibagikan di Kabupaten Lahat sebanyak 231.580, ” ungkapnya.

Lanjutnya disini ia meminta kepada menerima bantuan agar selalu mematuhi prokes kesehatan, terus ikuti anjuran pemerintah tentang bahayanya virus Covid- 19 ini.

“Kalau kita selalu ikuti anjuran pemerintah ini, insallah Kabupaten Lahat dapat kembali di Zona Hijau seperti duluh kembali, ” pesannya. (nur)

News Feed