oleh

Bupati OKUT Dukung Penuh Inovasi Teknologi Pinostabela

OKUTIMUR, MS – Demi menjawab kebutuhan pertanian di Bumi Sebiduk Sehaluan, Bupati OKU Timur H Lanosin ST berikan dukungan penuh atas terciptanya inovasi Pinostabela. Hal tersebut diungkapkannya saat mengikuti kegiatan penutup acara seminar yang dilakukan dengan pembuktian sebagai penelitian teknologi baru tanam padi yang dilaksanakan di Kampus STIPER Belitang, OKU Timur, Senin (21/3/2022).

Dikatakan, Teknologi Pinostabela merupakan satu-satunya inovasi pertanian di Indonesia. Inovasi ini merupakan kolaborasi antara Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) dan Tokoh Pertanian.

“Kedepan inovasi Pinostabela ini akan disosialisasikan pada masyarakat setelah dilaksanakan MoU dengan dinas terkait demi menjawab kebutuhan pertanian di Kabupaten OKU Timur,” ujarnya.

Enos juga mengatakan, sebagaimana disampaikan penggagas inovasi Pinostabela Pino Ahmad, bahwa inovasi ini sebelumnya sudah dilakukan uji coba bahkan meyakinkan, terknologi ini juga dilakukan seminar sehingga cara tanam padi petani di OKU Timur dapat berhasil juga menghemat biaya produksi.

”Sebelumnya kami menilai inovasi tanam padi ini tercipta, kita ketahui berapa biaya produksi tanam oleh petani melalui cara lama pindah tanam ditambah biaya ongkos produksi tidak sedikit, nah dengan cara ini petani di OKU Timur dapat menghemat biaya sampai 30% dari biaya yang di keluarkan petani sebelumnya.” jelasnya.

Keuntungan lain dari cara ini padi biasa dari semai memindahkan tentunya padi akan kelelahan sebagiannya ada pertumbuhan yang berhenti atas tanah akan mengalami penyusutan stresnya ini begitu dicabut.

”Dengan cara langsung ditanam setelah itu dapat ditunggu sampai panen, disini padi dapat berkualitas tidak ada pertumbuhan yang berhenti produktivitas meningkat produksi hasil dari sebelumnya petani akan di untungkan.” Pungkasnya.

Lebih lanjut, Enos sangat mengapresiasi atas inovasi yang diciptakan oleh penggagas bahkan pihaknya berjanji akan memberikan dukungan kedepannya.

”Inovasi ini demi kesejahteraan petani OKU Timur juga sebagai inovasi bagi pertanian di Indonesia,” ucapnya.

Enos juga menambahkan, berbicara tentang pertanian bahwasanya pertanian sebagai marwahnya OKU Timur, hal ini berkat gigihnya para petani dan seluruh stakeholder dan membawa kesejahteraan masyarakat

”Alhamdulillah OKU Timur tahun ini meskipun di tengah situasi pandami daerah ini tetap berada diposisi plus walaupun hanya 0,4% seiring waktu berjalan 1 tahun perjalanan melalui release BPS. Pertumbuhan ekonomi masyarakat meningkat sangat tinggi nilai ekonominya dari 0,36% menjadi 4,6% artinya perputaran PDRB yang ada di OKU Timur ini sangat tinggi,” pungkasnya.

Dalam acara ini turut dihadiri Kepala BPP. Pertanian Sum-Sel, Kepala BPS Mukti Riadi, Kadis Pertanian Sepala Hamdani, Kadis Ketahanan Pangan, Camat Belitang, Ketua Yayasan STIPER Belitang dan Seluruh Penyuluh Pertanian. (Boy)

News Feed