oleh

Cegah Polarisasi Ekstrem, GSP Sumsel Ajak Warga Dukung Pilpres 2024 Berjalan Sekali Putaran

PALEMBANG – Koordinator Provinsi Sumatera Selatan Gerakan Sekali Putaran (GSP) Seelin bersama puluhan relawan GSP menyerukan gagasan Pilpres 2024 berlangsung dengan sekali putaran. Para relawan bergerak sambil membagikan susu gratis kepada anak-anak dan warga.

Menurutnya selain sebagai seruan untuk pemilu damai, gagasan gerakan sekali putaran juga bertujuan untuk menekan terjadinya polarisasi di tengah masyarakat akibat perbedaan pilihan yang semakin menajam.

“Kegiatan ini melibatkan berbagai lapisan masyarakat yang menjadi anggota relawan, menyerukan pemilu damai dan juga gerakan sekali putaran untuk mencegah terjadinya polarisasi,” ujar Seelin disela-sela kegiatan, Sabtu (30/12/2023).

Seelin menambahkan, pilpres tidak perlu berlama-lama karena hanya menimbulkan perpecahan, sementara membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk mengobatinya.

“Kalau masyarakat sudah terpecah akibat pemilu, rekonsiliasi membutuhkan waktu yang kadang tidak singkat,” urainya.

Untuk itu, kata Seelin, ia mengajak seluruh masyarakat mulai dari anak muda hingga orang dewasa untuk ikut mendukung gerakan sekali putaran ini.

Selain memberikan kedamaian, kata Seelin pilpres sekali putaran juga dapat menghemat waktu dan anggaran yang dikeluarkan pemerintah.

“Kalau sampai dua putaran secara waktu dan biaya tidak efektif efisien. Kami mendorong Pilpres 2024 dilaksanakan dalam sekali putaran saja, supaya hemat waktu, hemat biaya, dan lebih damai,” ungkap Seelin.

Lanjut Seelin memaparkan, dengan pilpres sekali putaran berita hoax, fitnah, saling caci maki juga akan cepet mereda.

“Ketika Pilpres sampai ke putaran kedua, masyarakat akan terbelah, saling serang, atau fitnah antar kubu. Ini membuat keadaan sosial masyarakat tidak stabil dan penuh ketakutan,” katanya.

GSP Sumsel juga turut berkomitmen untuk menjaga keragaman masyarakat Sumatera Selatan.

Melihat elektabilitas pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang berpotensi memenangkan pilpres sekali putaran ialah pasangan Prabowo – Gibran, oleh karena itu pada 14 Februari 2024 mendatang berharap pasangan nomor urut 2 itu keluar sebagai pemenang.

“Kami yakin bahwa pasangan Prabowo-Gibran bisa mendamaikan suasana di masyarakat,” tegas Seelin.

Lebih jauh Seelin menerangkan relawan GSP Provinsi Sumatera Selatan dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing bergerak di Kecamatan Sukarami dan Kecamatan Barat Satu. Kunjungan langsung ke rumah warga menjadi metode utama untuk bersua dengan masyarakat.

“Masyarakat disini sangat antusias dan sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Masyarakat dan anak-anak disini terlihat sangat gembira, beberapa diantara mereka mendoakan agar paslon Prabowo-Gibran terpilih menjadi presiden dan wakil presiden di tahun 2024 nanti,” urainya.

GSP Sumsel mengajak masyarakat di Sukarami, Barat Satu, dan seluruh Sumatera Selatan untuk mendukung Gerakan Sekali Putaran pada Pilpres 2024.

Upaya ini dilakukan untuk menghindari pembelahan masyarakat dan konflik yang mungkin terjadi apabila pilpres dilakukan dalam dua putaran.

“Intinya kalau Pilpres 2024 sampai 2 kali putaran, masyarakat akan saling bertengkar karena beda pilihan. Mungkin saja suami istri bercerai karena beda pilihan, antar tetangga tidak saling tegur sapa, dan lain sebagainya seperti pilpres-pilpres sebelumnya,” bebernya.

Seelin optimis dengan pilpres 2024 ini dapat berjalan damai dan lancar dan jika sesuai dengan hasil survei potensi kemenangan ada pada Prabowo – Gibran.

“GSP Sumsel optimis, bahwa dengan dukungan masyarakat, pasangan Prabowo-Gibran bisa memenangkan Pilpres 2024 dalam sekali putaran, membawa kedamaian dan kesatuan dalam masyarakat Sumatera Selatan khususnya,” tukas Seelin.

News Feed