You are here
Dana Desa Fokus Ke Pemberdayaan BENGKULU HEADLINE 

Dana Desa Fokus Ke Pemberdayaan

Bengkulu 7BENGKULU SELATAN, MS – Dalam penerapan Dana Desa tahun ini, sesuai dengan petunjuk serta aturan maka DD akan lebih banyak kita fokuskan ke pemberdayaan, pebandingan presentasinya sekitar 60% untuk pemberdayaan dan 40% di alokasikan untuk fisik.

“Terkait fisik yang kita laksanakan ada 3 katagori yaitu Pembuatan gedung serba guna, Embung Lubuk Sirih Ulu yang memiliki potensi wisata kemudian jalan Rabat Beton sepanjang 70 M untuk jalan rabat beton ini, dana yang digunakan adalah dana silva tahun 2018,” terang Kades Lubuk Sirih Ulu Muhardin,

Masih lanjut Muhardin, terkait bidang pemberdayaan berdasarkan usulan pihaknya berserta perangkat desa, bersama BPD dan tim 11 yang telah ditunjuk sebagai tim ferpikasi usalan masyarakat. “Kami sudah memutuskan beberapa hal yang akan dilaksanakan, pertama mengingat tahun lalu desa Lubuk Sirih Ulu menjadi tuan rumah pusat pelaksanaan program GERTAM ( Gerakan Tanam Buah dan Sayur) tingkat Provinsi Bengkulu, maka ditahun ini akan melanjutkan program tersebut. Tentunya kami tetap akan minta dukungan dari dinas Ketahanaan Pangan Kabupaten dan Provinsi agar terujudnya program pengembangan ekonomi produktif serta terciptanya lingkungan yang sehat dan hijau. Kemudian kegiatan yang sudah berjalan pengembangan tanaman Hidroponik, Pengelolahan sampah masyarakat, Penataan cagar budaya lubuk Ipuh tempat wisata Reliji,” ungkapnya.

Ditambahkan Muhardin, yang menjadi sekala prioritas pelaksanaan dari usulan pemberdayaan adalah pelatihan pengelolahan sampah karena tujuan kedepanya agar bisa mendirikan Bank sampah supaya masyarakat terbiasa hidup bersih dan sampah tersebut masih mempunyai harga. “Mudah-mudahan semua yang kami inginkan dapat terwujud,” pintanya. (bajul)

Related posts

Leave a Comment