oleh

Diikuti 250 Personil, Bupati OKUT Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Tahun 2022

OKUTIMUR, MS – Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Timur menggelar apel kesiapsiagaan personil dan peralatan dalam rangka kesiapsiagaan terhadap penanggulangan bencana Kabupaten OKU Timur Tahun 2022.

Kegiatan apel ini dipimpin langsung oleh Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah ST didampingi Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha SH yang dilaksanakan di Halaman Pemkab OKU Timur, Rabu (13/7/2022).

Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah ST dalam sambutan dan arahannya mengajak untuk membangun komitmen bermitra berkerjasama dalam upaya pencegahan dan penanganan pengendalian bencana alam dan non alam seperti banjir, karhutla, angin puting beliung, tanah longsor dan Covid-19 di Kabupaten OKU Timur.

“Pencegahan dan penanganan pengendalian bencana merupakan tanggung jawab semua pihak, upaya pengendalian akan berhasil secara optimal apabila didukung oleh peranserta yang konstruktif dan komitmen yang kuat dari semua pihak yang dilakukan secara solid, serius dan koordinatif disertai kepatuhan kita semua terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Dikatakan Bupati, bahwa apel kesiapsiagaan ini dilaksanakan setiap tahunnya dan diarahkan untuk mempersiapkan personil dan peralatannya agar lebih cepat dan siap untuk dapat di mobilisasi. Selain itu, dirinya berharap dan menghimbau kepada semua pihak untuk melakukan langkah-langkah strategis dalam pengendalian bencana di Kabupaten OKU Timur.

“Saya sangat menyambut dengan diadakannya apel kesiapsiagaan ini, agar para personil penanggulangan bencana selalu siap siaga dengan peralatan yang ada, peralatan juga harus dalam kondisi baik agar bisa digunakan secara maksimal di lapangan dan siap untuk di mobilisasi ke lokasi bencana di wilayah Bumi Sebiduk Sehaluan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mgs. Habibullah, S.IP, MM menambahkan kegiatan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana ini diikuti sebanyak 250 personil yang diantaranya terdiri dari Kodim 0403 OKU, Puslatpur Martapura, Yon Armed 15/105 Tarik, Polres OKU Timur, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, BPBD, Sat Pol-PP dan Damkar sertai dinas lainnya.

“Untuk mengantisipasi bencana alam dan non alam tahun 2022, Kabupaten OKU Timur telah menetapkan status sesuai keputusan Bupati OKU Timur No. 269 Tahun 2022 Tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Karhutla di Kabupaten OKU Timur Tahun 2022, juga surat keputusan Bupati OKU Timur No. 473 Tahun 2022 Tentang Siaga Darurat Bencana Banjir Tanah Longsor Posko Siaga Darurat Bencana Banjir Tanah Longsor Angin Puting Beliung dan Karhutla,” pungkasnya. (Boy)

Setelah apel selesai, Bupati Enos beserta rombongan menyaksikan simulasi penanganan karhutla dan melakukan penanaman simbolis rumput vetiver bersama Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Timur Jumadi, S.Sos., dan Sutopo yang merupakan perwakilan dari Universitas Sriwijaya. (Boy)

News Feed