You are here
Dinas Pariwisata Gelar Manajemen Homestay DAERAH HEADLINE 

Dinas Pariwisata Gelar Manajemen Homestay

LAHAT, MS – Pemerintah kabupaten Lahat melalui Dinas Pariwisata adakan Pelatihan Manajemen homestay/Pondok Wisata rumah wisata, bertempat di hotel Calista, Selasa (2/11/20).

Pelatihan dibuka secara resmi oleh seketaris daerah Januarsyah SH MM, diikuti oleh 56 orang Pemilik dan pengelola homestay/Pondok Wisata tempat wisata sekabupaten Lahat dengan menghadirkan nara sumber Polteknikpar (politeknik pariwisata) Palembang dan staf ahli bagian kepariwisataan kabupaten Lahat.

Kepala Dinas Pariwisata H M Safran SH menyampaikan pelatihan ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dengan menjadi pemilik sekaligus operator homestay melalui konsep pariwisata yang berkelanjutan dan menciptakan lapangan kerja.

“Peserta pelatihan ini akan diberikan pembekalan pengetahuan mengenai manajemen homestay/pondok wisata atau rumah wisata serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kepariwisataan,” kata Safran.

Sekretaris daerah Januarsyah SH MM menyampaikan, dalam rangka memberikan pemahaman tentang pentingnya peningkatan kualitas SDM khususnya bagi para pelaku usaha.

“Pelaku usaha khususnya kepariwisataan untuk lebih memahami manajemen pengelolaan serta promosi, agar wisatawan tertarik untuk datang,” kata Januarsyah.

Para pelaku usaha Homestey harus mengetahui sesuatu gagasan yang nantinya menjadi daya tarik.

Homestey harus mempunyai fasilitas yang nyaman dan aman serta harus tanamkan budaya ramah kepada para wisatawan.

“Pariwisata akan mendatangkan keuntungan dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung akan menambah pendapatan masyarakat ini, yang akan meningkatkan perekonomian serta akan meningkatkan devisa bagi negara,” katanya lagi. (nur)