oleh

Dinas Pariwisata Pagaralam Gelar Pelatihan Seni Mural

PAGARALAM, MS – Sebanyak 30 peserta mengikuti pelatihan seni lukis mural yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Pagaralam. Kegiatan yang didukung oleh Komite Ekonomi Kreatif Kota Pagaralam dan disponsori Cat Mowilek ini dipusatkan di halaman dinding Pagar Pekarangan Vila MTQ Gunung Gare, Kota Pagar Alam Sumsel.

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari dimulai tanggal 24 sampai 27 November 2021.

Hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Pariwisata Burlian, Ketua Ekonomi Kreatif Novi Hariyanto Masan, SE, Ketua Ikatan Wartawan Online Mirwansyah SE, Tim Juri dari Sumatera Selatan Muhamad Asadi dan Muhammad Idris.

Ketua Ekonomi Kreatif Kota Pagar alam yang dinakondai Novi Hariyanto Masan SE, ketika dikonfirmasi mengatakan kegiatan ini pertama kali dilaksanakan dengan tujuanuntuk meningkatkan geliat ekonomi kreatif dikalangan pemuda, pelajar, dan penggiat Seni di kota Pagar Alam khususnya dibidang Seni Rupa Mural.

“Kegiatan ini dua hari diisi dengan materi untuk peserta, dan dua hari di isi dengan kegiatan dilapangan pelatihan melukis,” ungkap, Kamis (25/11/2021).

Dalam kegiatan ini, dijelaskan dia, ada 40 peserta yang mendaftar dalam pelatihan Seni Mural. Namun peserta yang tidak mengembalikan berkas pada tanggal yang ditentukan jadi dianggap gugur. “Jadi kini sebanyak 30 peserta yang berkompetisi dalam pelatihan seni mural. Diantaranya, peserta yang mengikuti pelatihan melukis ini yaitu Karang Taruna Kota Pagaralam, Komunitas Seni, Pelajar, dan Mahasiswa-Mahasiswi Kota Pagaralam,” jelasnya.

Lebih lanjut, dikatakan dia, kegiatan ini yang mana nantinya akan menghasilkan sumber ekonomi. Artinya dari mereka akan menghasilkan sumber penghasilan secara ekonomis apabila mereka sudah mahir dalam melukis. Pekerjaan mereka ini akan dibandrol berdasarkan ukuran permeter mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 200.000.

“Untuk pemenangnya nanti besok akan kita umumkan dan akan kita beri uang pembinaan,” ungkap Novi sambil mengatakan kegiatan ini akan kita laksanakan setiap Tahun dengan Tema Tagline Pagaralam Kreatif Colour.

Ditempat yang sama Tim Juri Muhamad Asadi ketika dikonfirmasi Media Metrosumatera mengatakan terkait sistem penilaian Seni Mural ini dilihat dari hasil akhir kesesuaian tema, tehniknya dan kreatifitas yang mereka ekspresikan. “Tapi saya lihat pesertanya antusias dan enjoy dalam mengikuti pelatihan Mural ini. Padahal ini pertama kalinya diadakan di kota Pagaralam,” ungkapnya.

Ia berharap kedepannya kegiatan ini menjadi agenda tahunan dari Dinas Pariwisata dan nanti nya banyak sponsor-sponsor yang mendukung kegiatan ini. (Len)

News Feed