oleh

Disaksikan Bupati, Kepengurusan KORMI OKUT Resmi Dilantik

OKUTIMUR, MS – Ketua Komite Olahraga Rekreasi (KORMI) Provinsi Sumatera Selatan Hj. Samantha Tivani HD, B.Bus., M.IB. secara resmi lantik Kepengurusan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten OKU Timur, Masa Bakti 2022 – 2026.

Pelantikan tersebut disaksikan oleh Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. dan Wakil Bupati OKU Timur yang juga Wakil Ketua Ill KORMI Sumsel H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H., Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Timur Jumadi, S.Sos. beserta Kepala OPD yang dilaksanakan di Balai Rakyat Pemkab OKU Timur, Rabu, (9/2/2022).

Ketua KORMI Sumatera Selatan Hj. Samantha Tivani HD, B.Bus., M.IB dalam sambutannya mengatakan, KORMI adalah jenis olahraga rekreasi yang membutuhkan keinginan dan kesadaran agar tubuh tetap sehat dan bugar. Adapun bidang olahraga rekreasi yang berada di bawah KORMI, yakni olahraga kesehatan serta kebugaran, olahraga tradisional, olahraga petualangan dan tantangan.

“Saat ini olahraga tradisional seperti lempar karet, lompat karet, lempar tongkat, tarik tambang, lompat batu dan engrang sudah banyak dilupakan, bahkan orang tua melarang anaknya untuk bermain diluar karena takut kotor, nah ini tantangan kita untuk melestarikan lagi, jangan kalah dengan kegiatan digital yang bisa merusak anak bila berlebihan,” katanya.

Dikatakan, akan ada tugas berat yang sudah menanti pengurus KORMI OKU Timur yang baru dilantik. Pada era sekarang ini sudah banyak masyarakat khususnya anak-anak dan remaja yang tidak mengetahui permainan tradisional, ini dikarenakan mereke menyibukkan dengan gadget masing-masing.

“Masih ada orang tua yang takut anaknya menjadi kotor, tentu ini menjadi salah satu tugas berat KORMI bagaimana memasyarakatkan lagi permainan tradisional, mungkin dapat dilihat dari tingkat SD, sehingga anak-anak sudah terbiasa dengan bergerak dan bugar di usia dini. Saya berharap ada permainan tradisional yang dimiliki setiap daerah dan akan kita angkat ke tingkat nasional yang memiliki kearifan lokal,” ujarnya.

Sementara, Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. dalam arahannya mengucapkan selamat atas dikukuhkannya kepengurusan KORMI Kabupaten OKU Timur. Dirinya meminta kepada kepengurusan KORMI OKU Timur untuk merekap apa saja yang menjadi potensi di Kabupaten OKU Timur.

Pencak silat di OKU Timur tersebar banyak di setiap daerah, saya inginkan ini bisa jadi cabor, banyak sekali olahraga rekreasi yang ada di Kabupaten OKU Timur, saya berharap banyak cabor yang bisa dikembangkan di OKU Timur ini.

“OKU Timur harus memiliki persiapan minimal t&c dan dibicarakan atlet mana saja yang bisa dikirim dalam event nasional tersebut agar atlet OKU Timur mampu menjadi atlet dan menambah pengalaman dari event tersebut,” jelasnya.

Terpisah, Ketua KORMI OKU Timur yang baru dilantik Dwi Seva Prastio, S.Pd menambahkan, bahwa KORMI bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten OKU Timur untuk mendapatkan bibit-bibit atlet agar bisa mengikuti event FORNAS yang akan diselenggarakan di Sumatera Selatan.

“Dalam waktu dekat ini kami akan membentuk induk-induk organisasi di bawah naungan KORMI, dengan adanya olahraga rekreasi kami bisa membantu mewujudkan OKU Timur Maju Lebih Mulia,” Pungkasnya. (Boy)

News Feed