oleh

Gempa di Bengkulu, Terasa Sampai Pagaralam

PAGARALAM, MS – Untuk kesekian kalinya gempa yang terjadi di Provinsi bengkulu terasa hingga ke Kota Pagaralam. Kejadian itu Sabtu (3/7/2021) sekitar pukul 20.09 Wib.

Namun dari data BMKG Gempa berkekuatan 5,5 Magnitudo yang perpusat di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, tidak berpotensi Tsunami.

Walaupun jarak pusat gempa cukup jauh dari Kota Pagaralam, namun Gempa Bumi ini guncangannya sangat terasa sampai membuat banyak warga Pagaralam yang memang sedang berada didalam rumah panik dan berhamburan keluar rumah.

Berdasarkan data yang dihimpun Pos Pemantau Gunung Api Dempo (GAD). Berdasarkan rekaman alat siesmograf yang ada di Pos GAD tercatat gempa terasa cukup besar yaitu skala MMI 3.

Petugas Pos Pemantau GAD Pagar Alam, Megian membenarkan jika gempa bumi yang berpusat di Bengkulu sangat dirasakan di Pagaralam.

“Dari alat siesmograf tercatat besaran gempa berdasarkan skala MMI yaitu MMI III atau diatas 5 sr,” ujarnya saat dihubungi Via Telpon Seluler oleh teman teman Wartawan, Sabtu (3/7/2021).

Namun pihaknya memastikan gempa bukan dari aktivitas GAD. Bahkan gempa yang terjadi juga tidak mempengaruhi aktivitas GAD sampai saat ini.

“Karena bukan berpusat dari Gunung Api Dempo jadi tidak ada pengaruh dengan aktivitas GAD,”pungkasnya. Len

News Feed