You are here
Herman Deru Nilai Penanganan Covid-19 Kabupaten Lahat Baik DAERAH HEADLINE 

Herman Deru Nilai Penanganan Covid-19 Kabupaten Lahat Baik

LAHAT, MS – Guburnur Sumatra Selatan H Herman Deru bersama Kapolda Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S dan Pangdam Sriwijaya Mayjen TNI Irawan kunjungi posko gugus tugas Covid 19 yang berada di kantor dinas kesehatan, Kamis (21 /5/20).

Kedatangan tiga Petinggi Sumsel ini disambut oleh Bupati Lahat CiK Ujang , Kapolres AKBP Irwansyah SIK MM CLA, dan Dandim 0495 Letkol Kav Sungudi SH MSi

Dalam Laporan ketua gugus tugas Bupati Lahat CiK Ujang sampaikan kondisi kabupaten Lahat dalam masa Pandemi Covid 19 dalam hal penahanan dini pencegahan adalah per 19 Maret menetapkan kabupaten Lahat dengan status siaga darurat bencana non alam dan dengan meningkatnya jumlah ODP ( orang dalam pantauan)
pada 31 Maret setatus ditingkatkan menjadi status tanggap darurat.

“Untuk itu pada 2 April telah dibentuk gugus tugas pencepatan penanganan Covid 19 yang melibatkan seluruh stikgolder dan masyarakat,” jelasnya.

Masih terang Bupati Lahat CiK Ujang sebagai ketua gugus tugas kabupaten Lahat bahwasanya berbagai cara telah dilakukan oleh gugus tugas mulai dari kabupaten, kecamatan, kelurahan, RW, RT sampai ke desa desa telah dibuat posko posko untuk dipantau oleh gugus tugas.

Yang tercatat sampai hari ini ODP ada 70 orang dan semua sudah sudah menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan sehat, Untuk PDP ada 5 orang 4 orang sudah selesai dalam pengawasan dan 1 masih dalam pengawasa, seta OTG ada 146 orang yang selesai 109 orang sisanya sedang menjalani proses isolasi, untuk orang yang terkonfirmasi Covid 19 ada 6 orang dan semua masih dalam penanganan di RSUD.

“RSUD Lahat sekarang telah menjadi rumah sakit rujukan nasional untuk Covid 19 dengan menyiapkan 3 ruang isolasi utama dan 16 ruang isolasi tambahan, ” terangnya.

Sebagai rumah sehat Pemkab Lahat telah merenovasi terminal Batai untuk menjadi rumah sehat tempat isolasi PDP dan OTG dengan fasilitas mampu menampung 16 orang.

Selain itu Untuk pemakaman penderita Covid 19 Pemkab telah menyediakan Seluas satu hektar dan telah dihuni oleh satu makam.

“Yang dimakamkan itu mempunyai ciri ciri sama dengan penderita Covid 19, ternyata penyebab-penyebabnya bukan terserang oleh Covid 19 / negatif,” jelasnya lagi.

Dengan adanya pandemi Covid 19 berdampak pada timbulnya masyarakat miskin baru ( misbar ) tercatat sebanyak 60.000 KK.

” Atas nama ketua gugus tugas dan Bupati Lahat mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah turut menaganai wabah Covid 19, dengan kekompakan ini tugas seberat dan serumit apapun akan menjadi ringan dan mudah , terima kasih kepada bapak Gubernur dan rombongan yang telah berkenan berkunjung ke posko gugus Covid 19 kabupaten Lahat,” tutur CiK Ujang mengakhiri laporannya.

Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru menyampaikan berdasarkan dari Penanganan tiga aspek yaitu memahami tentang kesehatan, menagani dan menangani dampak sosial maka penilaian terhadap gugus tugas kabupaten Lahat dalam menjalankan tugasnya dinilai baik

“Untuk penilaian yang diberikan kepada kabupaten Lahat dalam hal penangana Covid 19 BAIK,” tegas Herman Deru sebagai ketua gugus tugas Covid 19 tingkat Provinsi Sumsel.

Lebih rinci HD menyampaikan dalam hal menyambut Idul Fitri mau tidak mau akan adanya hiruk pikuk kegiatan masyarakat untuk itu diharapkan kepada petugas yang ada untuk menyediakan masker sebagai antisipasi. (Nur)

Related posts

Leave a Comment