oleh

IRT Lakukan Penggelapan 17 Unit Mobil

PALEMBANG, MS – Jumhana Elisama (39) warga Jalan Sersan Sekate E No 1473 RT 24 Kelurahan Ario Kemuning Kecamatan Kemuning, Palembang diringkus Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumsel. Ibu rumah tangga (IRT) ini diringkus dirumahnya, Minggu (12/3/2017).

Dari rumah pelaku, petugas berhasil mengamankan barang bukti enam unit mobil masing-masing Pajero silver BG 333 IL, Innova biru BG 1278 LX, Innova hitam BG 1839 HD, Innova silver BG 1773 RF, Avanza hitam B 1550 BRO, dan Xenia silver (profit).

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Agung Maryoto saat gelar perkara di halaman Mapolda Sumsel Senin (13/3/2017) mengatakan petugas telah berhasil pelaku penggelapan rental mobil. “Ya, pelaku sudah melakukan aksi penggelapan terhadap 17 mobil milik Imron, Lekat dan Ali,” ungkapnya.

Dikatakan dia, modus dalam aksinya pelaku bersama rekannya Aprizal (DPO) dengan merental mobil milik para korban. Dimana, untuk meyakinkan para pemilik mobil, para pelaku memperlihatkan surat kerjasama dengan CV Anisa yang bergerak di bidang batubara di Lahat. “Ya, mereka mencari mobil untuk operasional Batubara di Kabupaten Lahat,” ungkapnya.

Untuk sewa mobil itu sendiri, dijelaskan Kapolda berkisar Rp9 juta sampai Rp20 juta perbulan. “Setelah mobil dirental, kemudian mobil itu dijual,” pungkas Kapolda.

Akibat dari perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 378 atau 372 KUHP. “Kasus ini masih kita kembangkan, karena banyak mobil yang dirental oleh pelaku,” ujarnya.

Sementara, tersangka Jumhana mengakui perbuatannya itu. “Perbuatan ini saya lakukan baru berjalan satu bulan terakhir ini,” ungkap tersangka.

Untuk sewa mobil itu sendiri harganya bervariasi. “Ya, kalau Pajero kita rental satu bulannya Rp20 juta,” jelasnya. (as)

News Feed