oleh

Jalan Macang Sakti-Mangun Jaya Rusak, PT IBP dan PIP Optimalkan Alat Berat

MUSI BANYUASIN, MS – PT Intimegah Bestari Pertiwi (IBP) dan PT Pelangi Inti Pertiwi (PIP) lakukan perbaikan dan atasi kerusakan jalan Macang Sakti menuju Desa Mangun Jaya sepanjang 45 KM. Kerusakan jalan terjadi diduga akibat kondisi alam dengan intensitas hujan cukup tinggi, yang mengakibatkan jalan rusak dan berlumpur. Akibat kerusakan itu, aktifitas warga selaku pemakai jalan jadi terhambat.

Pantauan wartawan Media Metro Sumatera dilapangan, alat berat milik perusahaan perkebunan PT.IBP dan PT.PIP telah berupaya lakukan perbaikan secara optimal guna kelancaran akses Macang Sakti menuju Mangun Jaya. Dan masyarakat selaku pengguna jalan sudah sedikit lancar, walau jalan masih sedikit berlumpur. Seperti yang diungkap oleh salah satu warga Ngulak, Syamsudin (49) ketika melintasi jalan tersebut.

“Kalau alat berat yang ada dilapangan ini dari PT.IBP dan PT.PIP, kalau dari perusahaan lain kami tidak lihat. Yang jelas karena di alat itu ada tulisan nama PT dan kebun nya, jadi kami tahu. Bahwa alat itu dari perusahaan IBP atau kebun SAE. Kalau dari perusahaan lain kami tidak melihatnya, artinya sudah ada upaya yang dilakukan perusahaan dari PT.IBP pada areal yang rusak disekitar Rompok simpang Kemang dan tempat-tempat yang lain. Kadang-kadang karena hujan, walaupun jalan yang sudah diperbaiki, besoknya masih berlumpur lagi. Namun masih mendingan, bisa lewat walaupun berjalan dengan pelan-pelan,” ungkapnya.

Manager PT.IBP M.Arief Bestari, ketika dikonfirmasi wartawan menjelaskan bahwa upaya perbaikan jalan tersebut telah dilakukan dari bulan lalu pada tiga lokasi jalan yang rusak. Dirinya juga berharap pada semua perusahaan yang ada di sepanjang jalan,agar sama-sama melakukan perbaikan terhadap jalan Pemda dari Macang sakti Kecamatan Sanga Desa menuju Kelurahan Mangun Jaya Kecamatan Babat Toman.

“Hanya saja karena kondisi hujan, terkadang jalan kembali rusak. Sedangkan upaya perbaikan dan perawatan jalan telah dilakukan pada tiga tempat, dengan titik koordinat : 103° 46°33,90° E – 260°84,18°S,103° 54’25,87° E – 20°70’84°S dan 103° 31,18° E – 20°,42,11°.S. Yang posisinya perbaikan berada disekitar areal kebun karet warga daerah Safari Manaf, Tanjakan Desa Keban I dan dekat kebun karet PT.Putra Muba Utama. Kami juga berharap agar ada bantuan dari PT.Astaka Dodol dan PT.Pinago Utama supaya dapat bersama-sama memperbaiki jalan pemda yang tengah rusak ini, karena jalan tersebut merupakan akses utama bagi masyarakat. Dan meminta pada pemerintah agar dapat menjembatani untuk membagi wilayah perbaikan jalan tersebut. Berdasarkan wilayah terdekat dari Perusahaan yang berada disekitar jalan yang rusak atau butuh perbaikan itu,” harapnya.

Manager PT.PIP.Albert Sirait menuturkan bahwa sudah mengajukan pada pihak management tentang usulan material batu Gunung untuk penimbunan jalan pemda yang rusak.

“Semoga saja dalam waktu dekat jalan yang rusak bisa ditimbun pakai batu. Kita tengah menunggu keputusan persetujuan management untuk material tersebut. Akan tetapi sekarang alat berat kita sedang Action memperbaiki jalan Padeko pak,” pungkasnya.

Sementara itu Camat Sanga Desa, H.Irwan Sazili. S.Sos.Msi berharap kepada semua perusahaan yang ada, agar bertanggung jawab dan mau memperbaiki kerusakan jalan tersebut karena itu menyangkut kepentingan dan akses masyarakat umum selaku pengguna jalan.

“Saya selaku Camat Sanga Desa berharap agar semua perusahaan bisa dan bertanggung jawab untuk memperbaiki jalan Pemda tersebut. Karena jalan itu adalah jalan masyarakat umum. Jadi seluruh perusahaan yang ada di Kecamatan Sanga Desa, harus bertanggung jawab terhadap perbaikan jalan Macang Sakti menuju Mangun Jaya itu khususnya perusahaan dalam kecamatan Sanga desa. Diluar itu, bukan kewenangan saya selaku Camat, jadi saya dak bisa koment. Tapi kemaren saya lihat, PT.IBP Dan PIP serta Astaka sudah dalam perbaikan jalan. Ya.. Tinggal perusahaan yang belum itu, harus segera bertanggung jawab untuk lakukan perbaikan jalan,” tegasnya. (sba)

News Feed