oleh

Jelang Lebaran, Pasar Inpres Muaraenim Padat Pembeli

MUARAENIM, MS – Sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Sabtu (24/6/2017), pasar Inpres Muaraenim dipadati oleh pembeli. Bahkan, pedagang pun meluber hingga ke jalan. Kondisi ini membuat lalu lintas di sekitar Pasar Inpres padat merayap.

Lumrahnya jelang Lebaran, masyarakat disibukkan dengan membeli beraneka keperluan. Mulai dari aksesoris rumah, seperti gorden, toples kue, kursi duduk hingga pakaian, beraneka kue dan kacang-kacangan.

Pantauan, kebutuhan bumbu dapur dan daging paling banyak diincar pembeli. Sama halnya dengan pedagang kue yang juga diserbu pembeli. Sedangkan kios-kios pakaian tampak lenggang. Hal ini ungkap para pedagang karena pembeli biasanya telah menyiapkan pakaian lebaran dihari sebelumnya.

Sementara untuk harga sembako, beberapa mengalami kenaikan. Seperti tomat yang sebelumnya hanya Rp 4ribu perkilo menjadi Rp 15ribu perkilo. Telur Rp 17ribu perkilo menjadi Rp 22ribu. Kemudian untuk harga daging sapi masih dalam keadaan normal yakni antara Rp 130ribu hingga Rp 150ribu perkilo. Daging ayam Rp 30ribu perkilo begitu juga dengan bawang dan cabai Rp 30ribu perkilo.

Ninit (20) salah pembeli mengatakan, ia memanfaatkan hari terakhir di bulan Ramadhan┬ámembeli kue-kue kering untuk dihidangkan ketika lebaran, esok. “Nak beli kue om. Yang datang ke pasar rame nian, jadi berdesak-desakan dengan pembeli lain,” ungkap Ninit.

Sementara itu, Nimas penjual sayur di pasar Inpres Muaraenim mengatakan, naiknya harga beberapa sayur karena meningkatnya kebutuhan pembeli. “Kalau kebutuhan banyak harga ikut naik Mas. Tapi naiknya tidak tinggi,” kata Nimas. (dev)

News Feed