oleh

Karnaval Memperkenalkan Seni dan Budaya Bangsa

PALI, MS -Dalam memperingati Hut Republik Indonesia (RI) ke-71 tahun, Pemerintahan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melakukan beberapa kegiatan, diantaranya lomba karnaval. Lomba ini diikuti seluruh siswa maupun umum.

Salah satu panitia Hut RI, M Taufik SE, kegiatan ini memang dilakukan setiap ulang tahun kemerdekaan. Beberapa perlombaan yang digelar, diantaranya jalan santai, karnaval, dan lainnya. Adapun rute lomba karnaval dari gelora-simpang lima-SMA YPIP – Pervop -SD YKPP – Markas Brimob – Masjid Mukhlisim Finish Lapangan Parkir Gelora. Sedangkan peserta TK / Paud di Jalan Simpang Lima.

“Kegiatan ini ada ratusan peserta dari seluruh siswa baik itu Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menegah Atas (SMA), dan TK / Paud, serta seluruh Jajaran Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD). Hadiah akan dibagikan malam puncak, dan penilaian pun langsung dari dewan juri, ” ujarnya.

Sementara Itu Bupati PALI Ir H Heri Amalindo didampingi Wakil Bupati Kabupaten Pali, Ferdian Andreas Lacony SKoM MM mengaku sangat bangga melihat anak-anak bangsa yang memiliki seni dan kebudayaan tersendiri. Dalam lomba karnaval ini bisa mengenalkan betapa penting seni dan budaya itu sendiri.

“Kita melihat bahwa seni dan kebudayaan mulai pudar, dengan adanya dunia teknologi. Disini Kabupaten PALI akan terus melestarikan kebudayaan tersebut. Dan terus menggali kebudayaan jangan sampai pudar,” ungkapnya.

Terpisah diungkapkan salah satu siswa SMANSA Talang Ubi, Dimas, memang setiap tahun pemerintahan daerah melakukan perlombaan. Dan tidak ketinggalan juga sekolah ia mengirimkan lomba karnaval.

“Saya mewakili siswa sanggat bangga, walaupun kabupaten ini baru. Siswa yang mengikuti kegiatan ini cukup banyak. Dan didalam perlombaan ini siswa menampilkan yang terbaik untuk meraih juara yang terbaik. Disini siswa SMANSA optimis akan meraih juara pertama dalam perlombaan ini, ” harapnya. (yeng)

News Feed