oleh

Kementerian LHK Apresiasi Program Gotong Royong Pemkot Palembang

PALEMBANG, MS – Program gotong royong yang dilakukan oleh pemerintah Kota Palembang mendapat apresiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Hal itu disampaikan oleh Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun Berbahaya (B3) Tuti Hendrawati dalam pembukaan Rakornas Pengelolaan Sampah dan Raker Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3, di Hotel Aryaduta Kota Palembang, Rabu (15/3/2017).

Menurutnya program gotong royong yang diterapkan Pemerintah Kota Palembang banyak sekali manfaatnya. Selain menghemat anggaran, lingkungan di Kota Palembang menjadi bersih. “Saya mengapresiasi program yang dilakukan pak Harnojoyo. Beliau mengembalikan identitas bangsa Indonesia dengan program gotong royong,” tuturnya.

Lebih jauh, Tuti Hendrawati menjelaskan bahwa masalah mengenai sampah merupakan satu masalah nasional. Indonesia masuk ke dalam peringkat ke-2 mengenai masalah sampah, khususnya penggunaan sampah plastik. Masih tingginya masalah pengelolaan sampah dikarenakan pengelolaan sampah yang belum sepenuhnya sesuai dengan UU mengenai persampahan.‎

“Diperlukan koordinasi antar sektor untuk memperkuat sarana dan prasarana pengelolaan sampah,” ucapnya.

Sementara, Walikota Palembang Harnojoyo menjelaskan bahwa dalam penanganan sampah di Kota Palembang melibatkan masyarakat secara langsung dengan gerakan gotong royong yang diadakan setiap minggu pagi. “Gotong royong merupakan komitmen Pemkot Palembang dalam menjaga lingkungan untuk mewujudkan Palembang EMAS 2018,” tuturnya.

Dalam pembukaan Rakornas Pengelolaan Sampah Harnojoyo memutar video aktifitas gotong royong bersama masyarakat. (za)

News Feed