oleh

Ketua ICMI Orwil Lampung Ajak Mahasiswa Tumbuhkan Persatuan

BANDAR LAMPUNG, MS – Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Lampung yang juga Rektor Universitas Bandar Lampung (UBL), Dr Ir H M Yusuf S Barusman MBA mengajak sekitar 1000an mahasiswa untuk terus tumbuhkan persatuan demi keberlanjutan bangsa. Pesan ini disampaikannya saat secara resmi membuka acara Seminar Kebangsaan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-89 yang digelar Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Lampung di Universitas Teknokrat Indonesia pada Selasa (31/10/2017). Acara yang mengusung tema “Masa Depan NKRI Ada di Tangan Pemuda” ini menghadirkan narasumber lintas organisasi dan lintas golongan.

Ketua ICMI Orwil Lampung Dr Ir H M Yusuf S Barusman, MBA mengucapkan terimakasih atas dukungan dari pihak UTI sehingga dapat terlaksana kegiatan yang pertama ini. “ICMI adalah perkumpulan cendikiawan muslim yang bertanggungjawab atas berjalannya sistem negara ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa sengaja mengundang para tokoh pemuda dan lintas golongan sebagai nara sumber pd dialog kebangsaan kali ini. “Kita beryukur bahwa kita mempunyai nilai filosopis persatuan dari keragaman sehingga tercapai kemerdekaan”, ungkapnya.

Dijelaskannya tidak ada bangsa lain dan negeri lain yang seberagam Indonesia namun berbahasa, berbangsa, bertanah air satu. “Kita lah satu-satunya negara yang memiliki sejarah pernyataan sikap bersama utk menjadi satu yang dituangkan dalam bentuk Sumpah Pemuda. Jika dipelajari lebih dalam konsep sumpah pemuda sampai akhirnya melahirkan konsep kebangsaan yangg berdasar Pancasila adalah karya intelektual muda masa itu,” ujarnya.

Melalui dialog intelektual yg diikat perasaan dan pemikiran besar yg sama untuk merdeka, pemuda-pemuda seperti Muhammad Yamin, Sukarno, dan M Hatta terciptalah fondasi dan bangunan kebangsaan yangg indah dan kuat sampai saat ini. “Tugas dan tanggungjawab kita semua khususnya pemuda untuk menjadi keberlanjutan negara dan bangsa Indonesia yang makmur sejahtera,” pungkasnya.

Secara resmi Ketua ICMI Lampung Yusuf Barusman membuka acara ini. Sambil membuka acara ia mengatakan bahwa lewat kegiatan ini kita akan mengupas dan menggali dengan dialog supaya dapat terciptanya semangat persatuan dan kebangsaan untuk bangsa ini.

Acara ini dihadiri seluruh jajaran pengurus ICMI Lampung, Ketua asosiasi Perguruan Tinggi Swasta lampung Firmansyah Y Alfian dan Ketua Majelis Ulama Lampung Dr KH Khairudin Tahmid. Tak hanya itu hadir sebagai narasumber yakni selain dari Ketua MUI Lampung adalah Ketua Gerakan Pemuda Ansor Lampung, Ketua Pemuda Muhamadyah Lampung, Perwakilan Komite Nasional Pemuda Indonesia Lampung, Ketua Pemuda Katolik Lampung, Ketua Pemuda Hindu Lampung. Peserta mahasiswa yang hadir berasal dari UTI, UBL, UIN Radin Intan, ITERA, Dharmajaya, STIE Gentiaras, UMITRA dan Universitas Lampung serta kampus lainnya di provinsi Lampung.

Sementara Rektor Universitas Teknokrat Indonesia (UTI), Dr HM Nasrullah Yusuf, SE MBA sambut baik kedatangan narasumber serta undangan dan seluruh mahasiswa yang hadir. “Ini adalah yang pertama kali yang dilakukan oleh ICMI Lampung memperingati Hari Sumpah Pemuda yang dihadiri seluruh Perwakilan dari perguruan tinggi di Lampung,” ungkap Nasrullah Yusuf.

Ia juga mengatakan bahwa adalah kebanggaan untuk menghadirkan seluruh tokoh kebangsaan dan pemuda di Lampung. (sal/ril)

News Feed