You are here
KPU Lakukan Rapid Tes Anggota KPPS BENGKULU HEADLINE 

KPU Lakukan Rapid Tes Anggota KPPS

BENGKULU SELATAN, MS – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bengkulu Selatan pada 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Selatan tengah melakukan rapid test untuk anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Hal itu dilakukan guna memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa Tempat Pemunguan Suara (TPS) telah steril dari penyebaran Covid-19 atau yang lebih di kenal dengan Virus Corona.

Ketua KPU Bengkulu Selatan Alpin Samsen. S.Pt melalui Devisi SDM KPU Bengkulu Selatan Aspriantoni. SE mengatakan, Sebanyak 3.519 KPPS wajib menjalani rapid test sebelum melaksanakan tugas di TPS pada 9 Desember mendatang.

“3.519 anggota yang menjalani rapid test itu terdiri dari KPPS dan Petugas ketertiban, kalau nanti hasilnya ternyata ada yg reaktif di juknis belum langsung diganti, dan akan di tinjut ke swab, tetapi kalau hasil swabya positif maka akan dilakukan pergantian,” jelasnya.

Karenanya Aspriantoni meminta warga Bengkulu Selatan untuk dapat hadir ke TPS guna memberikan hak suaranya dalam memilih Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan wakil Bupati Bengkulu Selatan.

Sementara itu, Ketua PPK Kecamatan Mana Pusarman Syarip mengatakan, di Kecamatan Manna sebanyak 17 Desa dan satu kelurahan anggota KPPS tengah menjalani rapid test secara bertahap.

“Di bagi tiga tahap, tahap pertama satu Kelurahan lima Desa, mulai jam 8: 00 s/d jam 9: 30, tahap dua enam Desa mulai jam 9: 30 s/d jam 11: 00 dan tahap tiga enam Desa mulai jam 11: 00 s/d jam 12: 30,” ungkap Pusarman Sarip.

Pusarman Sarip menuturkan, pelaksanaan rapid test guna memberikan keyakinan kepada warga untuk memilih dan mencegah penularan Corana. Nantinya, anggota KPPS di tiap TPS akan menjalankan protokol kesehatan dan mengatur jarak warga memilih di TPS. (bajul)