You are here
Ini Loh Kampung Majasariku DAERAH HEADLINE 

Ini Loh Kampung Majasariku

Kampung kreatif Kelurahan Majasari.
Kampung kreatif Kelurahan Majasari.

BERDETAK  kagum ketika memasuki Kelurahan Majasari, Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) saat ini. Kelurahan yang dulu gersang saat ini tertata secara apik terlihat disetiap pekarangan rumah-rumah.

Gapura dan pagar perkarangan yang dicat warna-warni membuat enak mata memandang. Tulisan Welcome New Normal, Lingkungan Cinta Damai, Kelurahan Majasari Pacak terpampang di gapura.

Dimasa Pandemi Covid-19 ini, pemahaman protokol new normal pemerintah, ketersediaan tempat cuci tangan di setiap rumah, pemanfaatan lahan kosong dipekarangan dan di kawasan sekitar menjadi kebun, taman obat, sayur-mayur serta budidaya ikan.
Tak sekedar kreativitas menuju new normal pencegahan covid -19, bukti cinta masyarakat terhadap lingkungan semakin tinggi. Lahan yang dulunya gersang, perlahan ditumbuhi tanaman toga yang menjulang.

Semua ini berkat tangan dingin Lurah Majasari Inggit Damayanti yang selalu menginginkan kampungnya terlihat indah dan menawan.
Melihat hal itu, PT Pertamina EP Asset 2 melirik Kelurahan Majasari dan menyampaikan maksud untuk bekerjasama menggelar lomba Kampung Kreatif. Dari 23 Rukun Tetangga (RT) 21 ikut ambil bagian mengikuti perlombaan. Lima kelompok dari 5 RT, yakni kampung sawah, mandiri, cahaya, majaleri, makin mantap “berperang” untuk menjadi pemenang.

Persaingan kian “panas”, namun tetap mengutamakan sportivitas. Adu gagasan, adu ide, adu kreativitas terpajang rapi didepan pekarangan dan teras.

Dalam kompetisi ini aspek yang menjadi penilaian diantaranya tingkat pemahaman masyarat terhadap pandemi covid-19 dan protokol pencegahan serta penanggulangan covid-19, pemahaman protokol new normal pemerintah, ketersediaan tempat cuci tangan di setiap rumah, pemanfaatan lahan kosong di pekarangan dan di kawasan sekitar menjadi kebun, taman obat, serta budidaya ikan, atau segala hal yang terkait ketahanan pangan, serta praktek UMKM dan ekonomi kecil.

Pembentukan kawasan kreatif new normal ini merupakan program rehabilitatif dari dari Pertamina EP dan Pemerintah Kota Prabumulih setelah periode sebelumnya melaksanakan program reaktif atas terjadinya pandemi Covid-19.

Setelah adanya pemberlakuan new normal, tentu menjadi tantangan baru bagi seluruh masyarakat karena kegiatan ekonomi, pendidikan, pertanian, dan kemasyarakatan sudah mulai berjalan namun dengan melaksanakan protokol new normal yang telah diatur pemerintah.

“Alhamdulillah kegiatan lomba kawasan kreatif menuju new normal telah selasai dilaksanakan, selaku Lurah Majasari saya mengucapkan apresiasi yg setinggi-tingginya kepada PT Pertamina EP dan SKK Migas semoga kerjasama ini dapat berkelanjutan dimasa yang akan datang dan dapat terus mensupport kegiatan yg ada diwilayah Kelurahan Majasari,” pungkas Inggit, Kamis (5/11/2020).

Setelah melalui proses penilaian oleh tim juri, pemenang penilaian lomba kawasan kreatif, menuju new normal yang disponsori PT Pertamina EP Asset 2 diumumkan.

“Kegiatan ini tak hanya sekedar lomba, tapi menjadi penyemangat masyarakat menjalankan protokol kesehatan untuk memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri,” kata Lurah Majasari Inggit Damayanti SE.

Melihat kreativitas warganya, Inggit sangat bangga dan bersyukur. “Harapan kedepan, ini menular ke seluruh masyarakat Kelurahan Majasari,” harap Inggit.

Tak hanya itu, pemenang lomba menjadi binaan PT Pertamina EP Asset 2. “RT 3 RW 4 yang menjadi juara satu. Mereka diberikan pelatihan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Dirinya bangga bertugas di Kantor Kelurahan Majasari yang telah menjadi Kampung Kreatif. “Ini loh Kampung Majasariku,” kata Inggit dengan bangga.

Ia pun berharap, agar PT Pertamina Asset 2 terus membantu masyarakat khusus Kelurahan Majasari. “Program dan bantuan dari PT Pertamina Asset 2 sangat berguna sekali bagi masyarakat. Ya, mudah-mudahan kerjasama ini tidak putus disini saja,” harapnya.

PT Pertamina EP Asset 2 CSR Analyst Imam Maulana mengatakan lomba kampung kreatif itu bertujuan menjadikan Kelurahan Majasari sebagai kawasan percontohan yang menerapkan new normal.

“PT Pertamina EP ingin mengetahui tentang permasalahan pandemi covid-19 serta protokol pemerintah terkait dengan new normal di masyarakat,” ungkapnya.

Dirinya mengapresiasi peserta terbaik yang terlibat dalam kompetisi tersebut. Dimana setiap peserta akan mengajukan kawasan yang menjadi percontohan new normal, kawasan tersebut terdiri mulai dari gerbang masuk/gapura, rumah, taman, kebun, dan pekarangan.

“Semoga ini bisa menjadi contoh dari kelurahan lain ada di Indonesia khususnya Kota Prabumulih,” harapnya. (novas riady)

Related posts

Leave a Comment