oleh

Mahasiswa UTP Terpilih Jadi Delegasi International Youth Summit di Turki

Palembang, MS – Muhammad Aldivo, mahasiswa Fakultas Teknik Elektro, Universitas Tridinanti Palembang (UTP), terpilih menjadi Delegasi SXC International Youth Summit 2022 di Turki.

Program ini dilaksanakan Yayasan Duta Inpirasi Indonesia melalui Inspira Tour yang didukung penuh oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) yang diselenggarakan di Turki pada tanggal 1-10 Agustus 2022.

Dekan Fakultas Teknik UTP Ir Zulkarnain Fatoni, MT, MM, didampingi Ketua Jurusan (Kajur) Teknik Elektro M Husni Syahbani, ST, MT, mengatakan, Muhammad Aldivo merupakan pemuda perwakilan terbaik tingkat Nasional untuk bergabung pada kegiatan Inspira Tour tersebut. Kegiatan ini diikuti puluhan pemuda terpilih dari seluruh Indonesia.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk kegiatan Internasional berbasis collaborative-learning selama10 hari all in dan International Symposium. Selain itu, mempelajari sejarah dan wawasan akan budaya Rurki, makanan khas Turki, dan mengunjungi beberapa tempat bersejarah.

Adapun kota yang dikunjungi di Turki antara lain Istanbul, Pamukkale, Cappadocia, dan Ankara. Kunjungan ke Perpustakaan Kepresidenan Turki, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), serta Universitas di Turki yaitu Istanbul University dan Ankara University.

“Universitas Tridinanti Palembang sebagai salah satu universitas terkemuka di Sumatera selatan telah menerapkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan terus mensupport mahasiswa untuk berprestasi sebagai bekal yang cukup agar siap bersaing di dunia industri,” ujar Zulkarnain, Jumat (16/9/2022).

Kegiatan ini, lanjut dia, akan menghasilkan mahasiswa UTP yang siap mendunia dan bersaing dalam menghadapi revolusi industri 5.0.

“Kami sangat bangga dengan prestasi mahasiswa Fakultas Teknik Elektro sebagai salah satu pemuda terbaik tingkat nasional untuk bergabung pada kegiatan International Youth Summit 2022 di Turki. Di mana mereka tampil dalam forum internasional, melakukan kegiatan diskusi, menggali ide proyek kreatif, berbagi ide brilian, dan mendapatkan pengetahuan baru,” jelasnya.

Zulkarnain mengingatkan, kuliah tidak hanya sekadar nilai dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) saja, tetapi juga kegiatan di luar kampus, seperti pertukaran pelajar, menjadi delegasi di forum internasional dan kegiatan lain yang dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa sehingga setelah lulus nanti mereka dapat berkontribusi untuk negara.

Moh. Wahyu Aminullah, ST, MT, selaku Mentor mengaku sangat senang dan bangga karena Muhammad Aldivo dapat mengikuti kegiatan ini, dan sebagai salah satu kegiatan Duta Inspirasi Indonesia yang bertemu dengan teman-teman dari seluruh provinsi di Indonesia dan Turki serta beberapa negara lainnya.

“Selama di Turki mereka melakukan diskusi dan bertukar pikiran, belajar bersama dan kunjungan secara langsung ke tempat bersejarah seperti Visit Haghia Sophia, Blue Mosque, dan Topkapi Palace hingga Hierra Palace. Selain kunjungan ke KJRI , Istanbul University (salah satu universitas terbaik di Turki), juga melakukan Simposium Internasional, sehingga hal ini merupakan pengalaman yang berharga dan sangat berkesan,” katanya. **

News Feed