You are here
Masa Pandemi, Tetap Melakukan Sidang DAERAH HEADLINE 

Masa Pandemi, Tetap Melakukan Sidang

PALEMBANG, MS – Meskipun masa pandemic Covid-19, Komisi Informasi Publik (KIP) tetap melakukan sidang demi menjalankan amanah UU Keterbukaan Infomasi Publik. Hal itu diungkapkan Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Sumatera Selatan (Sumsel), A Kori Kuntji SH, Selasa (17/11/2020).

“Ya, kita tetap melakukan persidangan selama masa Pandemi Covid-19 ini,” ungkap Kori.

Ia beralasan, bila tidak melakukan itu maka pekerjaan akan menumpuk. “Kita tetap mematuhi protocol kesehatan. Cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak yang kita utamakan,” tegasnya.

Menurutnya, terkait informasi publik tujuan sasaran keterbukaan informasi publik ada beberapa hal, salah satunya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan terlaksanakanya keterbukaan informasi publik, ini menambah kepercayaan masyarakat. Semakin baik keterbukaan informasi publlik, otomatis semakin besar kepercayaan masyarakat,” ujarnya.

Ia mengaku, kedepan pihaknya mempunyai tugas berat terutama bagi pemohon informasi. Salah satunya, memberikan pemahaman yang berkaitan dengan informasi publik.

Dari data yang masuk sengketa informasi publik, 99,9 persen masih banyak masyarakat belum paham.

“Mereka hanya membaca UU No 14 yang dibaca hanya pasal 2, jadi kasus-kasus sengketa yang masuk bermacam-macam bentuk. Sejak dilantik ada 50 sengketa yang kami sidang. Dari 50 kasus, 1 yang dimenangkan pemohon,” tuturnya. (nr/red)