You are here
Masyarakat DIminta Tidak Panic Hadapi Covid 19 HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

Masyarakat DIminta Tidak Panic Hadapi Covid 19

ASAHAN, MS- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan berlebihan menyikapi persoalan virus Corona. Hal itu agar pencegahan penyebaran virus Covid -19 di Asahan dapat ditangani bersama.

Untuk itu, melalui Dinas Koperasi dan Perdagangan (Kopdag) Kabupaten Asahan mengeluarkan surat edaran tentang pencegahan corona. Surat Edaran Nomor 510/0747 berisi tentang kewaspadaan dan upaya mencegah penyebaran Covid-19 serta terjaminnya distribusi dan ketersedian bahan kebutuhan pokok penting (Bapokting).

Kadis Kominfo Asahan,H Rahmat Hidayat Siregar,Sabtu (28/3/2020) meminta kepada pengelola fasilitas perdagangan agar melakukan pembatasan. Yakni, melakukan pembatasan pembelian bahan pokok untuk keperluan pribadi.

“Pemerintah sudah mengimbau kepada para pengelola fasilitas perdagangan agar bisa mematuhi beberapa ketentuan dan melakukan pembelian secara berlebihan (panic buying). Diantaranya,pasar tradisional, toko modern, toko grosir, para pelaku usaha mikro dan kecil, pengelola gudang dan pengelola restaurant,” ujarnya.

Untuk ia meminta kepada para pengelola fasilitas perdagangan agar dapat melakukan kebijakan pembatasan pembelian bahan sembako untuk keperluan pribadi. “Itu upaya menghindari Panic Buying,” ujar Rahmat.

Ia juga berharap agar para pengelola fasilitas bisa menyediakan tempat cuci tangan atau Hand Sanitizer. Selain itu, menjaga sanitasi kebersihan diseluruh fasilitas perdagangan maupun produksi yang ada.

“Para pengelola perdagangan juga harus dapat menyediakan antiseptik pada fasilitas toilet. Boleh juga menggunakan masker jika dalam keadaan sakit baik itu demam, batuk maupun pilek,” pintanya.

Kemudian dirinya juga meminta, agar dapat menghindari kontak fisik dan menghindari kerumunan orang. “Dapat juga,menggunakan sarung tangan steril saat membuka atau menutup pintu toko,gudang,tempat jualan atau tempat produksi lainnya,” ujar Rahmat mengingatkan. (Andika)

Related posts

Leave a Comment