oleh

PEDA KTNA Berjalan Sukses, Bupati OKUT Raih Rekor Muri

OKUTIMUR, MS – Bupati OKU Timur Ir H Lanosin dan Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha SH dampingi Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru SH secara resmi membuka kegiatan Event Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) ke XV Tahun 2023 tingkat Sumatera Selatan (Sumsel) yang digelar di Lapangan Koni Gumawang, Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur, Rabu (10/5/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati/Walikota Se-Sumatera Selatan, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan, Ketua KORMI Sumatera Selatan, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK OKU Timur, Anggota DPR RI, Anggota DPRD Sumsel, Anggota DPRD OKU Timur, Kepala OPD Provinsi Sumsel, Unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus Kabupaten OKU Timur dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab OKU Timur.

Dalam kegiatan ini, Bupati OKU Timur Ir H Lanosin mengatakan, Event PEDA KTNA Sumsel merupakanĀ ajang untuk bersilaturahmi dan berbagi pengalaman antar sesama petani dan nelayan di Sumatera Selatan. Kegiatan ini juga sekaligus tempat berkompetisi antara satu dengan yang lainnya untuk menjadi yang terbaik di bidang pertanian. Oleh sebab itu, dirinya telah berusaha agar PEDA ini dapat berjalan sukses dan lancar.

“Alhamdulillah, dalam kegiatan ini kita berhasil membuat Rekor MURI asap cair 100 alat yang telah dilaksanakan di BK 9. Semoga raihan rekor ini dapat menjadi contoh bagi Kabupaten Kota lainnya,” ujarnya.

Kemudian itu, selain membuat Rekor MURI asap cair 100 alat, pada even ini, OKU Timur juga berhasil membuat Rekor MURI Sajian Klanting Terbanyak.

“Saya harap, raihan Rekor MURI Sajian Klanting terbanyak ini dapat membantu UMKM penjual klanting di OKU Timur dan semoga kita mampu memberikan kontribusi yang optimal untuk membantu pertanian di bumi kita ini,” tuturnya.

Sementara, Gubernur Sumsel H Herman Deru SH merasa sangat bangga melihat begitu siapnya OKU Timur yang menjadi tuan rumah pada event PEDA KTNA Ke XV Tahun 2023 ini. Tentu ini menandakan komitmen masyarakat dan pemerintah OKU Timur memang luar biasa untuk pertanian.

“Pada kesempatan ini, saya berpesan jangan sia-siakan waktu yang singkat ini, karena kita tidak hanya mengikuti pertemuan saja, namun juga memecahkan masalah pertanian, kita ketahui permasalahan pertanian di setiap kabupaten kota pasti berbeda-beda,” katanya.

Untuk itu, kata Gubernur, kita harus bisa menekan losis untuk meningkatkan produksi dengan target losis maksimal 5 persen. Pemprov telah membuat inovasi GSMP. Maka dari itu, kita harus kerja keras mengubah mainset masyarakat dari konsumtif menjadi produktif, dari membeli menjadi menghasilkan sendiri.

“Mari kita sama sama memohon ridho Allah SWT semoga PEDA KTNA ini dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran untuk kemajuan pertanian di Sumatera Selatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dalam laporannya, Ketua Pelaksana PEDA KTNA Ke XV Tahun 2023 HM Basyir DA mengucapkan rasa terimakasih kami kepada para pelaksana dan Instansi terkait yang telah membantu dalam mensukseskan pelaksanaan event PEDA KTNA Sumsel Ke XV ini.

“Saya kagum PEDA di OKU Timur ini hampir sama seperti PENAS KTNA, hadir lengkap Ketua Umum, Sekretaris, Bendahara, dan Anggota. Lebih istimewa lagi hadir para Bupati dan Walikota Se-Sumatera Selatan,” ucapnya.

Dirinya menjelaskan, pada acara ini juga akan ada penghargaan-penghargaan di bidang pertanian. “Kita akan menghadapi PENAS pada bulan depan, Melihat Pembukaan di OKU Timur ini, Jangankan PEDA, PENAS pun pasti akan sukses. Kemudian PEDA KTNA berikutnya kami sepakati dan kami usulkan diadakan di Empat Lawang,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini juga, Ketua KTNA Nasional Yadi Sofyan Noor juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir pada acara ini, terkhusus panitia pelaksana PEDA di OKU Timur.

“Ini merupakan persiapan PENAS tepat 1 bulan mendatang di Kota Padang. Untuk Sumatera Selatan KTNA, mengeluarkan 10 penghargaan Adi Bhakti Pertanian untuk Bupati dan Walikota Se-Sumatera Selatan dan Gubernur Sumsel akan mendapatkan PIN emas adi bakti maha utama,” pungkasnya.

Diketahui, dalam acara ini juga dilakukan Pelantikan DPW Perkumpulan Penyuluh Pertanian Swadaya Indonesia Provinsi Sumatera Selatan oleh Ketua PPPSI Pusat, Pelantikan Kelompok Pemuda Tani Nelayan Provinsi Sumatera Selatan oleh Ketua KTNA nasional, pemutaran video GSMP, dan Launching Sensus Pertanian Tahun 2023. (Boy)

News Feed