oleh

Pembangunan Tangki Septik Skala Individual KSM Sepakat di Kelurahan Curup Jare

PAGARALAM, MS – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pagar Alam, akan membangun tangki septik skala individual pada thn 2023 di kelurahan Curup Jare yang terletak di Kecamatan Pagar Alam Utara, ota Pagar Alam.

Kepala Dinas PUPR Daplis, melalui Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Indra, dalam keterangannya saat dikonfirmasi melalui media ini mengatakan minggu siang /30/10/2023/ septik tank itu dibangun di beberapa kelurahan yang ada di lima Kecamatan Kota Pagar Alam tentunya melalui dana APBD di tahun ini.

Ia mengatakan, kelurahan yang mendapatkan jatah program tersebut, terbagi dari 10 kelurahan mendapat alokasi septik tank individual, tentunya bangunannya hanya terdiri dari septik tank dan closet.
Adapun ke 10 kelurahan yang mendapat jatah septik tank individual yaitu kelurahan Curup Jare Kecamatan Pagar Alam Utara. Saat ini ucap Indra selaku Kabid Cipta Karya PUPR , program septik tank itu telah di laksanakan, sehingga sudah dapat dilakukan kontrak sebagai landasan melakukan pekerjaan fisik. “Kami menargetkan ratusan septik tank tersebut paling lambat rampung dikerjakan Desember 2023 ini,” ungkapnya.

Masih dikatakan dia, tentunya di Tahun 2023 ini Kelurahan yang mendapatkan program sanitasi berupa pembangunan tangki septik skala individual yang bersumber dari dana APBD. bahwa pelaksanaan kegiatan telah dilaksanakan , namun sebelumnya harus dilakukan pendataan terhadap warga yang tidak mempunyai septik tank dan dilakukan pembentukan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang nantinya bertindak sebagai pelaksana kegiatan yang didampingi oleh fasilitator dari Dinas PUPR.

“Sebagai langkah awal telah dilakukan pendataan oleh Ketua RW di wilayah Kelurahan tersebut dan dilanjutkan survey lapangan untuk memastikan kelayakan calon penerima manfaat,” ujarnya. (Len)

News Feed