You are here
Pemkab Lahat Gelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 DAERAH HEADLINE 

Pemkab Lahat Gelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

LAHAT, MS – Program Vaksin Sinovac dari Pemerintah sudah dimulai, dengan akan didistribusikanya Vaksin Sinovac, pemerintah kabupaten Lahat mengadakan rapat koordinasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19.

“Hanya tunggu waktu Vaksin Sinovac akan segerah didistribusikan ke kabupaten Lahat,” kata Plt Kepala Dinkes Taufiq Maryansyah Putra SKM MM, pada rapat koordinasi yang didampingi oleh Kepala Bidang P2PDinas Kesehatan Aiwa Marlina SKM MM, Kamis (14/1/21).

Lebih lanjut dikatakan Taufiq, kabupaten Lahat akan dikirim sebanyak 1.778 dosis yang akan dikirim dari provinsi.

Dalam pelaksanaannya akan diturunkan 716 orang Vaksinator yang telah dilatih, yang mana tiap poskes akan di tetapkan 5 orang.

“Dalam pelaksanaan vaksinasi nanti akan diadakan di 33 Puskesmas dan 2 rumah sakit yaitu DKT dan RSUD,” terangnya.

Dikatakan dia, sasaran vaksin ini untuk kabupaten Lahat sebanyak 326.393 orang, untuk tahap pertama Vaksin ini akan diberikan kepada petugas kesehatan, kedua petugas publik dan lansia, untuk tahap ketiga akan di berikan kepada masyarakat yang rentang didaerah yang resiko penularan yang tinggi dan masyarakat lainnya.

“Ini adalah perang bersama, kita pasti bisa melawan Covid 19, dengan vaksin ini kita akan menambah kekebalan tubuh masyarakat,” tegas Taufiq.

Ditempat yang sama Kepala Bidang P2PDinas Kesehatan Aiwa Marlina SKM MM, menjelaskan bahwasanya orang yang divaksin Sinovac belum ada yang terdata meninggal.

“Vaksin sinovac merupakan Vaksin yang dimatikan, sudah mengatongi kehalal dan teruji BPOM,” terangnya.

Batasan usia yang akan divaksin dari 18 tahun sampai 60 tahun keatas, dan diperkirakan di Bulan Februari nanti kabupaten Lahat akan melaksanakan Vaksinasi.

“Kesiapan untuk pelaksanaan sudah maksimal, pastinya pelaksanaan akan dilakukan usai palatihan tenaga vaksin,” tutup Aiwa. (nur)