oleh

Penyekatan 14 Titik Dalam Kota dan Batas Kota

PALEMBANG, MS – Kota Palembang memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV hingga tanggal 23 Agustus 2021, Polrestabes Palembang tingkatkan penyekatan mobilitas masyarakat.

“Palembang secara umum masih dalam kategori Level IV, langkah yang kami lakukan bersama Kodim dan Dinas Perhubungan adalah melakukan penyekatan pada masuk kota, atau batas kota” ungkap Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra SIK, MSi CPHR, didampingi Komandan Kodim 0814 Palembang Kolonel Heny Setyono, Selasa (10/8).

Dijelaskan Kapolresta Palembang, guna meminimalisir mobilitas warga masyarakat, pihaknya melakukan penyekatan dalam Kota Palembang sendiri setidaknya ada beberapa titik, dimana awal penyekatan dilakukan di kawasan Kambang Iwak.

”Kita juga melakukan pendekatan dalam kota itu ada 14 titik yang selama ini hanya di Kambang Iwak sekarang sudah dipikirkan seperti di Jalan Rajawali Jalan Demang Lebar Daun ataupun di Jalan Sudirman,” jelasnya.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra SIK, MSi CPHR, menerangkan, kota Palembang sekarang satu-satunya kota di provinsi Sumatera Selatan yang masih Level IV sementara di Kota Lubuklinggau di Kabupaten Musi Banyuasin dan Muratara sudah turun ke Level III.

“Tetapi level 4 ini satu minggu ini tetap menunjukkan angka yang baik turunannya atau sudah signifikan jadi penurunan itu baik jumlah angka terpapar sudah jauh menurun. Kita pernah menyentuh angka 800 sekarang hanya 81 orang, kemudian yang meninggal kita pernah menyentuh angka 30 orang sekarang dua orang, Kemudian untuk yang sembuh pun 3 hari terakhir ini banyak yang sembuh dari yang terpapar,” terangnya.

Arahan Presiden RI, menjadi warning bersama terkhusus bagi Kota Palembang, terkait mobilitas masyarakat yang diukur dari Mobilitas Indeks, di sini pemerintah menggunakan skala yang bersifat universal yang tidak bisa kita pantau yaitu pemerintah menggunakan Google traffic, Facebook mobility dan menggunakan Sinar lampu di malam hari dari Satelit NASA. Yang dikategorikan Hijau, Kuning, Merah dan Hitam.

Ia juga mengingatkan dan mencontohkan, sekarang Palembang levelnya hitam sehingga kami melogikakan secara lucu-lucuan mungkin warga Palembang ini dari pagi ke kantor sarapan di luar pulang ke kantor makan siang di luar, balik ke kantor pulang dari kantor ke kafe dari kafe janjian baru pulang ke rumah sehingga hitam. “Sekarang Palembang Levelnya Hitam, itulah minggu ini akan kami kurangi mobilitasnya. Ayo keluar rumah hanya perlu saja,” serunya. (ms)

News Feed