You are here
Peserta Musrenbang Diperiksa Suhu Badan DAERAH HEADLINE 

Peserta Musrenbang Diperiksa Suhu Badan

MUARAENIM, MS – Peserta Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Muara Enim diperiksa suhu tubuhnya sebelum memasuki Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim, Selasa (17/3/2020). Hal ini sengaja dilakukan pihak penyelenggara untuk mengantispasi penyebaran virus corona yang bisa saja terjadi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Muara Enim, Ramlan Suryadi mengatakan, pihaknya sengaja menggandeng Dinas Kesehatan Muara Enim untuk memeriksa suhu tubuh peserta Musrenbang.

“Pemerintah saat ini sedang membatasi kontak massa, namun agenda Musrenbang adalah tahapan wajib bagi Pemerintah Daerah. Untuk itu, kita menyurati Dinkes untuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh,” ujarnya.

Pantuan awak media, satu persatu peserta Musrenbang diperiksa suhu tubuh menggunakan thermal scanner oleh petugas Dinkes. Peserta yang suhu tubuhnya terpantau baik, dipersilahkan untuk masuk ke lokasi Musrenbang.

Sementara peserta yang suhu tubuhnya terpantau diatas 38,5 Celcius diminta untuk tidak masuk dan diperiksa lebih intensif.

“Kalau suhu tubuhnya lebih dari 38,5 celcius, akan diperiksa lagi mengenai keluhan lain seperti sesak nafas dan riwayat perjalan,” ujar salah satu petugas kesehatan.

Sementara Kepala Dinkes Muara Enim Vivi Mariani mengungkapkan, sejauh ini di Kabupaten Muara Enim belum ada kasus virus corona. Namun sebelumnya, Dinkes melakukan pemantauan terhadap lima orang yang baru pulang Umrah.

“Sebelumnya ada lima orang yang kita pantau usai pulang Umrah, berbarengan dengan kasus yang viral beberapa waktu lalu. Namun setelah 14 masa inkubasi, tidak ditemukan gejala kesana (positif corona),” ungkapnya.

Vivi menghimbau masyarakat yang memiliki keluhan gejala corona, seperti demam tinggi, sesak nafas dan mempunyai riwayat perjalanan ke daerah yang terpapar virus Corona agar segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Masyarakat juga bisa memanfaatkan layanan call center 24 jam PSC Muara Enim di nomor 119 untuk mengkonsultasikan kesehatannya,” ujar Vivi. (al)

Related posts

Leave a Comment