You are here
Petugas Pengamanan Pilkada Wajib Diperiksa Kesehatan HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

Petugas Pengamanan Pilkada Wajib Diperiksa Kesehatan

OKU, MS – Polres Ogan Komering Ulu akan melakukan pengecekan kesehatan bagi petugas yang akan melakukan pengamanan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 nanti. Hal ini diungkapkan Kapolres Oku AKBP Arief Hidayat Ritonga SIK MH melalui Wakapolres Kompol Cristhoper Salohot, Kamis (26/11/2020).

“Polres OKU akan menerapkan protocol kesehatan (Prokes) yang ketat terhadap personil yang terlibat pengaman Pilkada 9 Desember 2020 nanti,” ujarnya.
Adapun SOP sebagai berikut personil yang akan melaksanakan kegiatan pengaman dalam keadaan sehat dan harus di periksa terlebih dahulu oleh bagian kesehatan.
“Ya, petugas kepolisian harus memakai pakaian lengan panjang saat melakukan kegiatan pengamanan. Personil Polri wajib menggunakan sarung tangan, masker dan pesil kemudian mencuci tangan dengan air sabun dengan air mengalir ataupun dengan handsaniteger. Hindari menyentuh bagian wajah karena virus corona melalui infeksi mulut hidung dan mata serta menjaga jarak atau pisekel destensi minimal 1 meter baik sesama petugas keamanan maupun terhadap masyarakat,” jelasnya.

Apabila terpaksa melakukan kontak fisik dengan orang lain dikatakan dia, segera mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir ataupun dengan handsaniteger dan segera memeriksakan diri dan membersihkan diri. “Selesai bertugas tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi gizi yang seimbang dan lakukan pemantauan kesehatan skala berkala. Kendaraan yang di gunakan dalam operasional pengamanan harus di bersihkan,” pungkasnya.
Lebih lanjut, apabila kondisi merasa kurang sehat dan melakukan pemeriksaan kebagian kesehatan.
Untuk pengamanan sendiri pihaknya menerjunkan sebanyak 619 personil kepolisian dari Polres OKU, BKO Polda Sumsel dan BKO Brimob Polda Sumatera Selatan siap mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) OKU.
“Kita di backup dari anggota Polda dan Brimob Polda Sumsel serta TNI,” ungkapnya.
Dijelaskan dia, pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) pihaknya akan menyiapkan 2 petugas polri dan 1 anggota TNI untuk setiap TPS.
“Mudah-mudahan Pilkada 9 Desember 2020 nanti berjalan lancar,” harapnya.
Ketua KPU Naning Wijaya ST melalui Doni Maritanto SH meminta seluruh petugas PPK, PPS, dan KPPS agar selalu bertanggung jawab dengan tugas yang telah diberikan oleh KPU. “Sehingga pilkada di Oku dapat terlaksana dengan aman damai dan selalu mematuhi protokol kesehatan,” pintanya.

Doni juga menambahkan KPU sebagai penyelenggara hajat ini sangat berterima kasih kepada polri dalam memberikan keamanan menjelang pilkada serentak tahun 2020 khusus di Kabupaten Ogan Komering Ulu. (amal)