oleh

Pimpin DPR di IPU Bali, Pengamat: Momen Strategis Bagi Puan Kenalkan Indonesia

JAKRATA, MS – Ketua DPR Puan Maharani akan memimpin delegasi DPR RI di sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly & Related Meetings pada 20-24 Maret 2022 di Nusa Dua, Bali.

Tak hanya itu, Puan juga akan memimpin semua sesi pertemuan IPU. Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute Karyono Wibowo menilai event parlemen dunia tersebut adalah kesempatan penting bagi Puan.

“Ya saya kira itu langkah positif juga, menunjukkan kualitas seorang Puan Maharani tentu ini momen yang sangat strategis bagi Puan Maharani,” kata Karyono kepada wartawan, Rabu (16/3/22)

Menurut Karyono momen IPU Bali momentum sebagai ketua DPR RI perempuan pertama untuk mengenalkan Indonesia di forum tersebut.

“Jadi, membawa nama Indonesia, ini harus dimanfaatkan dengan baik di forum parlemen dunia, bagaimana keberhasilan Indonesia dalam menangani pandemi, kemudian pemulihan ekonomi dan sebagainya,” terang Karyono.

Lebih lanjut, kesempatan emas itu menurut Karyono juga menjadi corong Indonesia di forum internasional. Pendek kata, sebagai penyambung lidah rakyat Indonesia.

“Jadi, Mbak Puan harus mengambil peran-peran strategis tampil di forum nasional maupun internasional, itu penting menunjukkan kualitas sebagai cucu Bung Karno yang hari ini menjabat sebagai Ketua DPR,” pungkas Karyono.

Direncanakan, 115 negara akan hadir dalam IPU ke-144 di Bali, temanya ‘Getting to Zero: Mobilizing Parliament to Act on Climate Change’. Isu perubahan iklim diambil sebagai tema besar yang akan dibahas karena menyangkut kelangsungan hidup dan keselamatan dunia.

News Feed