oleh

Pipa Pertamina Bocor, Keluarkan Semburan Minyak Mentah Sampai 5 Meter

PRABUMULIH, MS – Pipa milik PT Pertamina EP Asset 2 kembali mengalami kebocoran. Kali ini terjadi di Jalan Melati Rt 05 Rw 01 Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat, Rabu (27/9) sekitar pukul 17.00 WIB.

Bahkan, semburan minyak mentah dari pipa milik Pertamina EP Asset 2 yang berada tak jauh dari jalur masuk ke kilang perusahaan setinggi 4 meter.

Tak hanya itu, anak Sungai Kelekar yang berada di dekat pipa bocor tersebut terkena semburan minyak tersebut. Sehingga aliran sungai itu tercemar.

Untuk saat ini belum diketahui secara pasti penyebab kebocroan tersebut. Namun diduga kebocoran terjadi lantaran terjadinya korosi (pengkaratan) pada pipa.

Darmawan (34) warga sekitar mengaku terkejut dengan kejadian tersebut. “Ya, kejadian itu terjadi sore kemarin. Waktu kami berada didalam rumah terdengar seperti bunyi ledakan. Ketika saya lihat, bunyi itu berasal dari pipa minyak yang bocor,” ungkap Darmawan, Kamis (28/9/2017).

Bahkan bukan seperti bunyi ledakan saja, menurut Darmawan, dari pipa bocor itu mengeluarkan semburan minyak mentah setinggi mencapai 5 meter. “Untung tidak mengenai rumah kami semburan minyak tersebut,” pungkasnya.

Melihat kejadian itu, warga sekitar langsung melapor ke Pertamina. “Kami khawatir kejadian itu. Untung tak lama warga melapor, pihak Pertamina langsung menutup pipa yang bocor itu. Kami kemarin sempat dilarang pihak Pertamina untuk memasak,” pungkasnya.

Senada Yanto warga sekitar menuturkan, kejadian itu sempat menjadi perhatian masyarakat sekitar. “Pipa bocor ditambah dengan bunyi ledakan baru sekali ini terjadi di wilayah Jalan Melati,” imbuh Yanto.

Sementara itu, Asset 2 Government & Public Relation, M Gustav Akib membenarkan terjadi pipa bocor di daerah Kelurahan Patih Galung, Kota Prabumulih. “Ya, memang ada pipa Pertamina yang bocor. Saat ini pihak Pertamina sudah melakukan penanganan dengan melakukan klem bagian pipa yang bocor,” tegas Gustav.

Untuk penyebabnya sendiri, kebocoran itu terjadi akibat korosi pada pipa.  “Kemungkinan bocornya itu lantaran adanya korosi atau pengkaratan pada pipa. Nanti kami cari tau lagi penyebabnya,” pungkasnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan tindakan dengan membersihkan anak Sungai Kelekar yang terkena semburan minyak mentah tersebut. “Alhamdulillah sudah cepat kita tangani untuk minyak yang tumpah dialiran sungai. Sudah kita sedot minyak tersebut,” tukasnya. (nor)

 

News Feed