You are here
Plt Bupati Ikuti Webinar Aksi Nasional Pencegahan Korupsi DAERAH HEADLINE 

Plt Bupati Ikuti Webinar Aksi Nasional Pencegahan Korupsi

MUARAENIM, MS – Dalam rangka mewujudkan Aksi Nasional Pencegahan Korupsi (ANPK) sebagai sarana komunikasi upaya pencapaian Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) Plt. Bupati Muara Enim H.Juarsah, S.H., didampingi Sekretaris Daerah kabupaten Muara Enim Ir. H. Hasanudin, M.Si., ikuti bersama kegiatan tersebut yang dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui video conference. bertempat di ruang rapat Bupati Muara Enim, Rabu (26/08).
.
Dalam sambutannya Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan bahwa berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 tahun 2018 tentang Stranas PK, dibentuklah Tim Nasional Pencegahan Korupsi (Timnas PK). Timnas PK terdiri atas Ketua KPK, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas, dan Kepala Staf Kepresidenan. “Untuk mendukung kelancaran tugas, Timnas PK dibantu oleh Sekretariat Nasional Pencegahan Korupsi (Seknas),” ujarnya.
.
Selanjutnya ia menyampaikan bahwa terkait fokus sektor perijinan dan tata niaga, aksi-aksinya adalah peningkatan pelayanan dan kepatuhan perizinan dan penanaman modal, perbaikan tata kelola data dan kepatuhan sektor ekstraktif, kehutanan, dan perkebunan. Utilisasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk perbaikan tata kelola pemberian bantuan sosial dan subsidi, integrasi dan sinkronisasi data impor pangan strategis dan penerapan manajemen anti-suap di pemerintah dan sektor swasta.

Dalam kesempatan ini juga Plt. Bupati Muara Enim H Juarsah berharap agar tujuan dari pelaksaan gelar wicara ini untuk membangun ulang pemahaman, dan signifikansi pembacaan yang tepat, dari para peserta ANPK mengenai aspek-aspek pencegahan korupsi dalam stranas PK, serta bagaimana cara melaksanakannya. (az/ril)

Related posts

Leave a Comment