oleh

PPK Sanga Desa Gelar Rakor dan Monev

MUSI BANYUASIN, MS – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar rapat koordinasi (Rakor) dan Monitor evaluasi (Monev). Hal ini dilakukan menindak lanjuti surat dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU-D) kabupaten Musi Banyuasin Nomor : 84/PP.03.-I-SD/1606/KPU-KAB/II/2018. Pada tanggal 23 Februari 2018 yang lalu tentang pemberitahuan agar PPK melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor ) guna monitor kinerja PPS secara serentak.

Kegiatan ini sendiri dipusatkan di gedung Sekretariat PPK Sanga Desa Jalan Depati HM Sahil RT 03 Kelurahan Ngulak I, Senin (26/02/18).

Ketua PPK Kecamatan Sanga Desa, Rusmin Nuryadin SH MH pada wartawan Media Online Metro Sumatera menuturkan, bahwa rakor yang digelar PPK dengan 2 tujuan. Pertama untuk membahas dan meninjau ulang kinerja PPS dan hasil Coklit yang telah dilaksanakan pada tanggal 20 Januari sampai 18 Februari 2018. Pada DP-4 yang akan ditetapkan sebagai DPT pada tanggal 18 Februari 2018 lalu. Kedua adalah mengevaluasi kinerja PPS se-Kecamatan Sanga Desa dalam rangka mempersiapkan Pemilu mendatang di tahun 2019 agar bisa bersinergi dengan baik .

“ Karena telah dekatnya waktu pelaksanaan pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan pada bulan Juli 2018 mendatang. Dan pada waktu yang hampir bersamaan juga telah masuk tahapan untuk melaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan Legilatif tahun 2019 nanti. Ya, untuk persiapan itu maka perlu diadakan rapat koordinasi. Sesuai arahan dan petunjuk dari KPUD Muba,” jelasnya.

Dikatakan dia, dalam rakor itu sendiri untuk menilai kinerja 57 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) guna lakukan cross chek atas hasil kerja para PPS dalam melakukan hasil Pencocokan Penelitian (Coklit) terhadap DP-4 atau data mata pilih sejumlah 25.616 yang telah ditetapkan.

Dirinya didampingi rekan kerjanya sesama komisioner PPK, Armada mengatakan pada rakor dan monev kinerja PPS itu pihaknya memberikan lembaran quesioner kepada calon PPS yang ada sebagai bahan pertimbangan sebagai untuk calon PPS mendatang.

“Harapan kedepan semoga PPK dan PPS se-Kecamatan Sanga Desa selalu kompak, semakin solid dan tentunya dengan kinerja yang makin profesional. Dengan tetap menjaga dan berpegang pada azaz kemandirian, netralitas selaku penyelenggara pemilu. Dan in sha Allah melihat SDM yang ada PPS di Kecamatan Sanga Desa siap mensukseskan setiap tahapan Pemilu yang ada,” tuturnya.

Ditempat yang sama Ketua PPS Desa Tanjung Raya, Ardi SE dan Ketua PPS Kelurahan Ngulak, Azwan Efendi SPd MSi mengungkapkan selaku penyelenggara pemilu ditingkat Desa/Kelurahan, para PPS dan anggotanya telah berupaya bekerja secara maksimal pada setiap tahapan pemilu yang di Jadwalkan oleh KPUD Muba. Dan pada saat Coklit PPS bekerjasama dengan Petugas Pemutkhiran Data Pemilih (PPDP) dengan baik. Hingga sejauh ini, tidak menemukan kesulitan yang berarti.

“Kalau Kami PPS di Desa Tanjung Raya alhamdulilah tidak menemukan atau mendapatkan kesulitan yang cukup berarti. Semua masih berjalan sesuai dengan tahapan. Untuk data saat PPDP berjalan dengan lancar dan akurat. Karena koordinasi kami terjalin dengan baik, betul-betul kami datangi untuk para pemilih. Dan memang waktu yang dijadwalkan tahapan pun menurut kami itu cukup bagi PPS dan PPDP dalam lakukan Coklit data,” ungkapnya.

Ia mengharapkan, agar kedepan Pemilu dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan atau masalah. “Semoga kita tetap kompak dan menjaga kinerja yang baik antar tim kerja. Seperti mulai dari KPPS maupun PPL dan pengawasnya semoga bisa sama-sama bersinergi dengan baik,” pintanya. (sba)

News Feed