You are here
Rektor UBL Lepas Tiga Alumni ED UBL ke India HEADLINE NASIONAL 

Rektor UBL Lepas Tiga Alumni ED UBL ke India

BANDAR LAMPUNG, MS – Rektor Universitas Bandar Lampung (UBL) Dr Ir M Yusuf Sulfarano Barusman MBA melepas tiga alumni UBL yang menerima beasiswa S2 dari Indian Council for Cultural Relations (ICCR) untuk menempuh pendidikan S2 di English and Foreign Languages University (EFLU), India.

“Saya berharap untuk semangat dalam mengejar menjadi yang terbaik dan unggul dalam menempuh pendidikan di sana,” papar Rektor pada tiga Alumni UBL yang terpilih yakni Purwanto SPd, Elis Munawaroh SPd, dan Andrias Yulianto, SPd, mewakili Indonesia di India, Selasa (11/7/2017) di ruang kerja rektor, gedung D, kampus A Dis H RM Barusman.

Rektor UBL ini juga mengatakan bahwa ada kebanggaan terkait alumni English Department UBL yang mendapatkan beasiswa S2 penuh dari pemerintah India untuk menempuh pendidikan di EFLU. “Ini merupakan recognition, pengakuan akan kemampuan para alumni English Department UBL dan juga eksistensi kampus UBL di ranah Internasional,” ungkap Yusuf Barusman.Yusuf juga mengungkapkan harapannya supaya hal ini menjadi inspirasi bagi seluruh mahasiswa UBL dalam berkiprah di ranah internasional.”Tidak usah minder, tidak perlu takut, buktinya ternyata kita mampu. Ada yang ke India, Jepang, Thailand dan Eropa. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi mahasiswa yang lain untuk berkiprah di ranah internasional,” ucapnya.

Di sisi lain, Helta Anggia SPd MA, selaku pembimbing menjelaskan bahwa persiapan mereka sebelum berangkat sudah di bimbing untuk mengurus perlengkapan seperti berkas-berkas administrasi paspor dan pengiriman aplikasi serta TOEFL dari jauh-jauh hari yakni tahun 2016 silam. Mereka juga mendapatkan bimbingan bagaimana menghadapi international test langsung dari dosen English Department Wayan Karang Yana SPd MA yang merupakan lulusan dari Coventry University, Inggris. Helta juga mengatakan bahwa data calon mahasiswa dari Indonesia yang diterima beasiswa S2 di English and Foreign Languages University hanya enam orang dan tiga diantaranya adalah dari UBL, sedangkan untuk seluruh perwakilan Indonesia untuk menempuh pendidikan S2 dengan beasiswa di India ada 22 orang.

“Tahun lalu dari UBL ada tiga mahasiswa yang diterima beasiswa ke India, dan tentunya mereka berbagi tips and trik ditambah lagi kebetulan dari English Department UBL juga banyak dosen yang lulusan dari India,” terang Helta.

Juru bicara salah satu perwakilan alumni English Department UBL ke India, Purwanto SPd, mengaku bangga karena telah diterima untuk melanjutkan pendidikan S2 dengan beasiswa ke India. ”Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada rektor UBL dan para dosen English Department UBL atas dukungan dan bimbingannya. Hanya butuh ikhtiar dan doa untuk meraih mimpi kita,” tambah lelaki lulusan 2015 English Department UBL, asal Bandar Jaya, Lampung Tengah.

Ikut melengkapi, Elis Munawaroh SPd, gadis lulusan 2016 English Department UBL asal Liwa, Lampung Barat juga mengungkapkan kebanggaannya dengan lolos beasiswa S2 ke India. “Bertemu dosen English Department UBL yang ramah dan selalu membantu saya dalam segala hal adalah pengalaman berharga sehingga saya lolos beasiswa ini,” ucap Elis.

Sedangkan, Andrias Yulianto, SPd, mengungkapkan kesyukurannya pada kesempatan yang ia terima ini. “Tidak bermimpi sebelumnya akan melanjutkan kuliah S2, terlebih lagi di luar negeri,” pungkas lelaki asal Seputih Raman, Lampung Tengah lulusan 2016 English Department UBL. (sal/ril)