oleh

Ribuan Pengunjung Padati Lokasi Wisata Perkebunan Teh Gunung Dempo

PAGARALAM, MS – Arus lalu lintas di Kota Pagar Alam, Rabu (4/5/2022) menuju lokasi sejumlah wisata yang ada di wilayah perkebunan Teh Gunung Dempo macet total. Kemacetan itu dari pukul 11.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Ratusan kendaraan hanya bisa melaju dengan perlahan-lahan.

Berdasarkan pantauan Metrosumatera memasuki hari ketiga perayaan hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau H+2, arus kendaraan menuju kawasan Perkebunan Teh Gunung Gare, Puncak Rimau Gunung Dempo Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) macet kurang lebih sepanjang satu setengah kilometer.

Petugas kepolisian dan penjaga pintu gerbang masuk lokasi wisata Gunung Dempo kewalahan dengan mulai meningkatnya pengunjung lokasi wisata tersebut. Beberapa petugas kepolisian dari Satlantas pun harus bekerja keras mengatur arus lalu lintas agar tetap lancar.

“Kemacetan terjadi mulai dari jalan jalur dua Desa Pagar Jaya hingga pintu Gerbang Wisata . Kemacetan terjadi lantaran banyaknya pengunjung yang datang menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi,” kata Kasat Lantas Polres Pagar Alam, AKP Ahmat Yani , melalui Bripka Wawan, Rabu (04/005/2022).

Ia mengatakan, lalu lintas menuju Gunung Dempo macet diprediksi lantaran banyaknya pengguna jalan yang akan menuju pusat rekreasi terbesar di Kota Pagar Alam tersebut.

“Kebanyakan dari pengguna jalan yang menuju arah Gunung Gare adalah kendaraan bernomor polisi dari daerah Muaraenim, Empat lawang dan Lahat. Bahkan termasuk B, F dan nomor polisi luar kota lainnya yang datang dari Jakarta, Lampung dan Bengkulu,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, kemacetan yang terjadi di jalan Gunung Gare menuju arah puncak Rimau serta area tempat wisata laininya di seputaran Kebun Teh Gunung Dempo, selain banyaknya kendaraan yang melaju, juga dipengaruhi oleh konvoi sepeda motor muda mudi.

“Tentunya kita sudah mengerahkan puluhan personel dari Satuan Lalu Lintas Polres Pagar Alam untuk melakukan pemantauan dan pengamanan ribuan pengunjung yang memasuki kawasan Gunung Dempo. Bahkan jika sudah macet total kita lakukan buka tutup di simpang tiga tugu Jep desa Pagar Jaya serta dilakukan pengaturan lalu lintas depan lapangan parkir tangga 2021 serta depan Villa Sriwijaya simpang tiga,” jelasnya .

Sementara itu Kapolres Kota Pagar Alam, AKBP Arif Harsono S.Ik, melalui Kasi Humas Polres AKP Wempi mengatakan di kawasan Gunung Dempo sudah ada lima Pos pengamanan (Pos Pam) di antara nya di dekat Villa Besemah Kampung satu perumahan PTPN VII dan untuk pos Pantau ada lima diantaranya simpang tiga dekat lapangan bola kaki kampung satu.

“Memang memasuki hari ketiga sejumlah ruas jalan di Kota Pagar Alam mulai dipadati pengunjung termasuk lokasi wisata Gunung Dempo dan air terjun. Kita sudah menyiagakan sekitar 100 orang polisi untuk dikawasan objek wisata untuk mengamankan aktifitas warga selama lebaran tahun ini,” ungkap dia.

Sementara itu Kapolres Kota Pagar Alam AKBP Arif Harsono S.Ik saat dikonfirmasi melalui whatapps mengatakan ada beberapa warga yang terpaksa tidak sampai ke wilayah wisata kawasan Tugu Rimau, dikarenakan kondisi di Tugu Rimau sudah penuh dengan pengunjung. “Untuk menghindari over kapasitas, pengunjung tersebut diarahkan ke tempat wisata lainnya,” ungkapnya.

Dikatakan dia pihaknya sudah menyiagakan sekitar 170 personil di turunkan, antara lain di titik likuan Indikat, likuan Lematang, simpang manak, pasar, dan tempat-tempat wisata lain. (Len)

News Feed