oleh

Rumah Aspirasi Pomi Wijaya, Ini Tanggapan Pengamat Kebijakan Publik Sumsel

PALEMBANG, MS – Rumah aspirasi yang dibentuk oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang Pomi Wijaya untuk menampung aspirasi dan keluhan masyarakat Kota Palembang diberi aspresiasi oleh Pengamat Kebijakan Publik Sumatera Selatan (Sumsel) Ade Indra Chaniago.

Ade Indra Chaniago
Ade Indra Chaniago

Mahasiswa Pasca Doktor ilmu Politik Universitas Indonesia mengatakan, rumah aspirasi Pomi Wajaya yang terletak di Jalan Mata Merah, Kelurahan Sei Selincah, Kecamatan Kalidoni sangat menarik untuk dicermati. Ia beralasan, tidak banyak anggota DPRD yang paham urgensi rumah aspirasi tersebut.

“Setidaknya keberadaan rumah aspirasi tersebut dapat dijadikan alat ukur bahwa anggota DPRD dimaksud betul-betul memiliki sense of belonging atau rasa memiliki terhadap kota Palembang,” ungkap Ade yang juga Dosen di Stisipol Candradimuka Palembang ini, Sabtu (2/4/2022).

Dikatakan Ade, tak heran ketika pada akhirnya hal ini membentuk sense of crisis atau peduli terhadap suara yang diwakilinya. “Ini ide brilian apa yang dilakukan Bung Pomi Wijaya sebagai anggota DPRD Kota Palembang,” pungkas Ade.

Apalagi, menurut Ade ditengah padatnya aktivitas Pomi Wijaya sebagai legislator, sudah barang tentu tidak memungkinkan baginya untuk dapat bertemu ataupun menemui seluruh konstituen di dapilnya, baik dalam rangka menampung keluh kesah sekaligus permintaan ataupun harapan konstituennya.

“Ya, rumah aspiarasi ini menjadi strategis terutama dalam menjembatani komunikasi antara wakil dan rakyat yang diwakilinya,” tegasnya. (nr)

News Feed