oleh

Stisipol Candradimuka Beri Beasiswa Kepada Tiga Mahasiswa Program Magister Ilmu Komunikasi

PALEMBANG, MS – Salah satu program unggulan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (Stisipol) Candradimuka Palembang memberikan beasiswa kepada mahasiswa Program Magister Ilmu Komunikasi.

Ketiga mahasiswa tersebut yakni Agrian Ratu Randa yang merupakan alumni S1 Universitas Padjajaran (Unpad), Iman Kurniawan alumni S1 Universitas Sriwijaya (Unsri), dan Sri Eka Yati almuni S1 Universitas Lampung (Unila).

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama tiga mahasiswa yang menerima beasiswa Program Magister Ilmu Komunikasi Stisipol Candradimuka Palembang dilakukan di kampus Magister Ilmu Komunikasi Stisipol Candradimuka Palembang, Jalan Swadaya, Basuki Rahmat, Palembang, Sabtu (11/9/2021).

Hadir pada kesempatan itu Ketua Stisipol Candradimuka Palembang, Dr Lishapsari Prihatini, Wakil Ketua (Waket) Bidang Akademik, Dr Lisdiana, Waket Bidang Umum, Prasarana, Keuangan, Desi Aryani, SSos.

Turut hadir Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Dr Budi Santoso, Ketua Pusat Karir dan Kewirausahaan, Siti Lady Havivi, Msoc Sc.

Ketua Stisipol Candradimuka Palembang, Dr Lishapsari Prihatini didampingi Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Dr Budi Santoso kepada wartawan menuturkan, penandatanganan perjanjian penerima beasiswa program Magister Ilmu Komunikasi Stisipol Candradimuka Palembang dimulai pada tahun ajaran 2021/2022 dan diharapkan dapat berlanjut kedepannya sebagai salah satu program unggulan.

Dikatakan dia, program Magister Ilmu Komunikasi Stisipol Candradimuka dibuka sejak Agustus 2019, terdiri dari dua konsentrasi yaitu Komunikasi Politik dan Komunikasi Korporat dan Pemasaran.

Saat ini, kata dia, jumlah mahasiswa aktif adalah 55 orang dari tiga angkatan yang berasal dari beragam latar belakang profesi.

“Magister Ilmu Komunikasi Stisipol Candradimuka sangat mengedepankan kualitas baik dari sisi pengajar maupun fasilitas. Dengan dosen berkualifikasi akademik S3 lulusan perguruan tinggi ternama dalam dan luar negeri. Selain itu agar proses pembelajaran berjalan efektif, jumlah mahasiswa dibatasi maksimal 15 orang setiap kelas,” jelas Budi Santoso.

Mengenai beasiswa, menurutnya, Magister Ilmu Komunikasi Stisipol Candradimuka Palembang memberikan dua skema bagi mahasiswa.

Skema pertama penerima dibebaskan dari semua biaya perkuliahan mulai dari uang pendaftaran, uang pangkal, biaya tesis-ujian-yudisium-wisuda, dan SPP.

Sedangkan untuk skema kedua, penerima berhak mendapatkan pengurangan 50 persen untuk uang pendaftaran, uang pangkal, biaya tesis-ujian-yudisium-wisuda, dan SPP.

“Dan setelah selesai dalam studi, penerima beasiswa akan dikontrak sebagai dosen tetap yayasan di Program Studi S1 Ilmu Komunikasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, selain dari program beasiswa ini, Magister Ilmu Komunikasi Stisipol Candradimuka sebelumnya telah bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumsel, dalam hal pemberian potongan uang pangkal sebesar Rp2 juta dan SPP sebesar 25 persen kepada wartawan yang terdaftar sebagai anggota PWI.

Budi Santoso menjelaskan maksud dan tujuan Magister Ilmu Komunikasi Stisipol Candradimuka Palembang memberikan beasiswa tersebut adalah sebagai manifestasi peran aktif Stisipol candradimuka sebagai lembaga pendidikan tinggi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dan sebagai mekanisme untuk menjaring calon dosen yang berkualitas dari segi akademik, pengetahun umum, dan etika.

“Pendaftaran beasiswa ini sebelumnya telah dibuka sejak tanggal 1- 31 Agustus 2021. Dimana kami memberikan beasiswa ini disebar melalui media sosial (medsos) resmi Stisipol Candradimuka Palembang. Dan dari 50 orang pelamar, 16 orang lolos seleksi administratif dan berhak mengikuti seleksi wawancara yang meliputi pengetahuan umum, pengetahuan akademik dan motivasi. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 4 dan 6 September 2021. Dari hasil seleksi wawancara, diputuskan tiga orang terpilih sebagai penerima manfaat beasiswa,” urainya. (ms)

News Feed