oleh

1.920 Peserta Ikuti Story Telling

Nurul 1

 

Nurul 3MUARAENIM, MS – Untuk meningkatkan minat budaya baca di perpustakaan pada kalangan pelajar, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Muaraenim mengadakan lomba story telling yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Griya Serasan Sekundang Muaraenim, Senin (8/5/2017).

Kepala DPK Muaraenim, Maryana mengatakan, kegiatan itu akan dilaksanakan selama tiga hari. Story Telling ungkap Maryana ialah lomba bercerita yang menggunakan suara, gambar dan lukisan.

Menurut Maryana, kegiatan itu bertujuan agar para pelajar dapat menjadi pencerita dan pendongeng yang baik melalui lukisan dan meningkatkan keterampilan dalam melukis. Selain kreatifitas dalam melukis, lanjut Maryana, makna cerita yang disajikan menjadi hal pokok dalam penilaian.

Kegiatan itu, paparnya, diikuti sebanyak 1920 orang yang terdiri dari 320 pelajar TK, 320 pelajar SD, 640 pelajar SMP dan  640 siswa pelajar SMA.

Nurul 2Pada kegiatan itu juga, kata Maryana juga dilakukan penyerahan bantuan dari Perpuseru Cocacola Foundation masing-masing 3 unit kepada 2 desa, yakni Desa Sumaja Makmur dan Sidomulio Kecamatan Gunung Megang. “Di tahun sebelumnya Perpuseru juga telah menyalurkan bantuan yang sama kepada 4 desa yakni Desa Plakat Kecamatan Semende Darat Ulu, Desa Ujanmas Lama Kecamatan Ujanmas, Desa Lebak Budi Kecamatan Tanjung Agung dan Desa Tegal Rejo Kecamatan Lawang Kidul,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Muaraenim H Nurul Aman mengatakan, kegiatan itu merupakan strategi untuk mengembangkan budaya baca, ketrampilan dan pemahaman dikalangan generasi muda.

Selain itu, sesuai amanat Undang-undang, pendidikan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan potensi anak bangsa, agar dapat menciptakan sumber daya manusia yang kompetitif di era globalisasi. “Oleh sebab itu penyelenggaraan pendidikan harus berdasarkan beberapa prinsip antara lain sebagai suatu proses pemberdayaan dan pengembangan budaya minat baca. Kedua prinsip ini harus saling menunjang,” ujar Wabup.

Terkait bantuan dari Perpuseru untuk desa di Kabupaten Muaraenim, Nurul berharap kerjasama itu dapat berlanjut dan ditingkatkan lagi. “Terima kasih kepada Perpuseru atas yang diberikan, semoga kedepan akan terjalin kerjasama yang lebih baik,” pungkas Nurul. (ADV/dev)

Nurul 4

News Feed