oleh

Sungai Air Betung Meluap, Satu Rumah Nyaris Ambruk

PAGAR ALAM, MS – Hujan deras yang terjadi di Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatra Selatan(Sumsel) sejak Kamis (06/05/2021) sore hingga malam mengakibatkan Sungai Air Betung meluap. Akibatnya, salah satu rumah bernama Feri dibelakang Pu nyaris ambruk karena teras belakang rumahnya sudah terbawa arus sungai yang deras dan ada beberapa rumah warga juga yang ikut kebanjiran.

Feri menjelaskan, kejadian pada sore sekitar pukul 18.30 WIB pada saat selesai berbuka puasa tiba-tiba terdengar suara Sungai Air Betung menghantam dinding rumahnya. “Lalu saya dan bapak saya keluar dari pintu belakang, ditemukan teras rumah sudah amruk kisaran ketinggian air tersebut mencapai 4 meter,” ucapFeri.

Dengan kejadian itu, dirinya melaporkan Camat dan Lurah setempat. “Pak Camat dan Pak Lurah juga Bhabinkamtibmas dari Polsek Pagar Alam Utara langsung mengecek dan meninjau serta melakukan penyedotan air di rumah warga yang ikut tegenang banjir akibat hujan deras tadi sore hingga malam ini di wilayah yang bersamaan di kampung belakang Pu RT 11 RW 08, serta di Kelurahan Beringin Jaya,” ujar Camat Pagar Alam Utara Beta Agusta.

Air sungai yang meluap dan menggenangi rumah warga Camat Beta mengimbau untuk selalu waspada terjadinya banjir susulan akibat luapan sungai tersebut. “Begitu juga rumah Fery yang nyaris Amruk untuk sementara ini jangan dulu didekati, nanti kita akan meninjau kelokasi tersebut serta melakukan langkah langkah selanjutnya,” ucapnya.

Informasi yang dihimpun Metrosumatera banjir yang terjadi di wilayah Kelurahan Pagar Alam, Kecamatan Pagar Utara, Kota Pagar Alam akibat Sungai Air Betung yang mengalir ke sungai tersebut tiba-tiba membesar dan mengakibatkan rumah warga banjir serta mengakibatkan tanah longsor di teras belakang rumahnya akibatnya amruk sebagian.

Berikut data yang dihimpun rumah yang tegenang banjir serta rumah nyaris amruk, Fery, Iwan, Junaidi, Sli, Endau, Endang, Marsidin, Tamin, Sri, Lipong, Samko, Muliono, Fendi, Fran, Andi, Rutman Gatam, Erlan Stiadi, Teten Porwanto, dan Barhan. Masing-masing dari Kelurahan Berangin Pagar Alam dan Beringin Jaya RT11 RW 08, serta RT 13 RW09. Sampai saat ini Camat dan Lurah serta dibantu Rt/Rw dan masyarakat setempat sedang membersikan rumah warga yang sedang tegenang banjir dengan alat penyedot pompa air. (Len)

News Feed