oleh

Terkumpul Rp1,2 M, Bantu Warga Terdampak Covid-19

SEKAYU, MS – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dikomandoi Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ menyerahkan bantuan Muba peduli untuk masyarakat Muba terdampak COVID-19 dan bantuan kemanusiaan untuk Palestina dengan total sebesar Rp 1,2 Milyar, di Halaman Kantor Bupati Muba, Rabu (18/8/2021).

Bantuan ini diserahkan langsung Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ secara simbolis kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Muba, Ikatan Wartawan Online (IWO) Muba, Komunitas Jurnalis Muba (KJM), pedagang di Bundaran Sekayu, pekerja seni, serta penyandang disabilitas 1 orang sebesar Rp 10 juta atas nama Muhammad Dina Lubis.

Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan bantuan sebesar 1,2 Milyar tersebut merupakan hasil donasi dari ASN dan pegawai honorer di lingkungan Pemkab Muba untuk masyarakat Muba yang terdampak COVID-19 sebesar Rp 500 juta. Selanjutnya, donasi untuk warga Muba untuk Palestina yang diperuntukkan untuk fasilitas sarana prasarana rumah sakit dan mobil ambulance dalam bentuk dana sebesar Rp 750 juta.

Dodi berharap agar bantuan yang diserahkan dapat bermanfaat dan meringankan beban masyarakat Palestina dan masyarakat Muba di masa pandemi COVID-19.

“Pemkab Muba tidak akan tinggal diam dengan kondisi saat ini, kami akan terus berupaya melakukan berbagai langkah untuk menekan dampak ekonomi pada masyarakat. Dan saya yakin, niat tulus kita ini merupakan wujud dari rasa kepedulian kita terhadap lingkungan sosial yang membutuhkan,”ungkapnya.

Kabag Kesra Setda Muba H Opi Palopi merinci bantuan masyarakat Muba terkumpul sebesar 1,2 Milyar yang salurkan untuk masyarakat Muba terdampak COVID-19 sebesar 500 juta dengan rincian yang telah disalurkan dalam bantuan beras kepada pedagang kecil, pekerja seni, jurnalis yang tergabung pada organisasi PWI, IWO, KJM, Mitra Desa serta wartawan yang bertugas di Kabupaten Musi Banyuasin dan bantuan uang tunai untuk disabilitas sebesar 10 juta rupiah

” Nanti juga akan diserahkan bantuan tahap kedua kepada guru-guru ngaji, marbot masjid, juga pedagang pasar. Serta tahap ketiga untuk tukang ojek, tukang becak dan pegawai rumah makan serta masyarakat Muba lainnya yang terdampak COVID-19″ jelasnya

Lanjut Opi “Sedangkan 750 Juta disalurkan donasi untuk Palestina yang akan digunakan untuk pembelian ambulance dan sarana prasarana rumah sakit”, rincinya.

Sementara itu, Bendahara Komite Nasional untuk rakyat Palestina (KNRP) Sumatera Selatan Siswoyo menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kepada Pemkab dan masyarakat kabupaten Muba.

Dirinya menjelaskan, Sejak awal ada kunjungan dari walikota Gaza gayung bersambut dari Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin berkomitmen untuk membantu pembangunan sarana prasarana, sanitasi dan penerangan. Terus dilanjutkan Bupati Muba dengan konser amal sehingga terkumpul dana sebesar dan Rp 1 Milyar.

“Ini bantuan ke tiga dari Muba, atas Komitmen besar dari Bupati Dodi Reza, Kami dari KNRP Sumatera Selatan dan mewakili masyarakat Palestina menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan semakin banyak yang bergerak untuk kepedulian terhadap rakyat Palestina sehingga cepat terbebasnya dari penjajah Israel,”pungkasnya.

Senada, Mahmud Salah satu Pedagang Bundaran mengucapkan terima kasih atas kepedulian Bupati dan jajaran Pemkab Muba terhadap pedagang.

Dimasa pandemi COVID-19 ini, menurutnya bantuan tersebut sangat membantu dirinya dan pedagang lainnya, mengingat begitu sulitnya mencari nafkah di masa covid 19 khususnya di masa PPKM.

“Terima kasih Pak Bupati Dodi Reza atas bantuannya. Kami berharap semoga PPKM ini segera dilonggarkan sehingga dirinya dan pedagang lainnya bisa berdagang seperti dahulu kala,” pungkasnya. (rl/ms)

News Feed