oleh

Tingkatkan Keamanan, Polres Prabumulih Minta Pos Kamling Diaktifkan Kembali

PRABUMULIH, MS – Guna meningkatkan keamanan dan kenyaman dilingkungan masyarakat khususnya Prabumulih, Polres Prabumulih meminta agar Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) di wilayah kelurahan masing-masing agar diaktifkan kembali.

Kapolres Prabumulih, AKBP Arief Adiharsa SIk MTCP melalui Kabag Ops, Kompol Andi Supriadi SH SIk MH, Rabu (10/9) mengatakan, kalau poskamling diaktifkan kembali bisa meminimalisir gangguan Kamtibmas. “Kita minta seluruh lapisan masyarakat Prabumulih agar mengaktifkan kembali poskamling yang ada di wilayah masing-masing,” pintanya.

Menurut dia, kejahatan juga terkadang bukan saja ada niat dari pelaku, namun ada kesempatan. “Jadi kita harus berhati-hati. Ya, kalau ada orang jaga malam diwilayah masing-masing keamanan masyarakat akan terasa,” ungkap Kompol Andi Supriadi.

Dikatakan dia, untuk mengaktifkan kembali siskamling tersebut dapat melibatkan seluruh lapisan masyarakat. “Keamanan dan ketertiban merupakan situasi yang sangat diharapkan oleh setiap lapisan masyarakat. Untuk itu, kita sebagai aparat penegak hukum, bertanggung jawab untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif,” kata dia.

Lebih lanjut ia menyampaikan, bahwa sebagai aparat penegak hukum, pihaknya tidak mampu mewujudkan tugas dan tanggung jawab tersebut tanpa adanya dukungan dan peran serta dari seluruh lapisan masyrakat.

“Untuk itu kita juga memberikan pengarahan kepada seluruh Bhabinkamtibmas untuk menjalin kerjasama dengan seluruh perangkat pemerintahan dan lapisan masyarakat di wilayah hukum Polres ini,” tuturnya.

Selain itu, Andi juga mengatakan dalam antisipasi rawan kejahatan dalam lingkungan itu sendiri adalah meningkatkan fungsi Pos kamling yang ada diwilayah itu sendiri. Sebab, kata dia, jika ini diberdayakan maka dengan sendirinya bisa meminimalisir berbagai aksi kriminal yang terjadi. “Dengan aktifnya poskamling ini kita pun bisa mendeteksi orang-orang luar kampung itu sendiri yang datang ke lingkungan mereka,” imbuhnya.

Kabag Ops juga mengajak seluruh lapisan masyarakat agar dapat berperan aktif untuk bersama dengan Polri dalam menjaga keamanan lingkungan masing-masing dengan mengaktifkan pos kamling tersebut di wilayah yang ada saat ini. “Adanya peran serta dan tumbuhnya kesadaran warga untuk bersama sama menjaga keamanan lingkungan, juga dapat menciptakan situasi yang kondusif,” tandasnya.

Ia pun meminta kepada masyarakat bila ada tindakan yang mencurigakan agar segera melaporkan hal tersebut di Polsek terdekat maupun langsung ke Polres. “Tanggung jawab keamanan bukan hanya tugas aparat keamanan, tapi lebih dari itu peran serta masyarakat juga sangat mendukung upaya untuk meminimalisir tindakan kriminal yang ada di kota kita tercinta ini juga,” tukasnya. (nor)

News Feed