oleh

Tingkatkan Mutu Karet, Pj Bupati Muba Bagikan Bibit

MUBA, MS –Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Banyuasin menyerahkan 150.000 batang bantuan bibit karet unggul polybag produksi Dinas Perkebunan kepada Kelompok Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB), Kelompok tani terkena banjir dan kebakaran bertempat di kebun pembibitan karet KM 11 Kecamatan Sekayu, Selasa (04/04/2017).

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pencanangan Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT), penyerahan 2 mesin Crape kepada UPPB Kecamatan Keluang dan Sungai Lilin serta Sosialisasi Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) Kecamatan Plakat Tinggi dan Lawang Wetan.

Kepala Dinas Perkebunan Drs Iskandar Syahrianto MH dalam laporannya menyebutkan Pasar Lelang/UPPB di Muba telah terbentuk sebanyak 25 Kelompok UPPB dengan keanggotaan mencapai 10rb orang anggota.

“Penyerahkan bantuan bibit karet unggul polybag produksi Dinas Perkebunan yang dilaksanakan hari ini bertujuan untuk meningkatkan mutu hasil karet petani dan memperbaiki tata kelola penjualan karet ditengah masyarakat yang diganti dengan UPPB/Pasar lelang,” ujarnya.

Ia mengharapkan dukungan Bupati untuk menjadikan kebun pembibitan karet produksi Dinas Perkebunan sebagai sentral pengembangan karet, pelatihan, pendidikan dan kelembagaan petani karet.

Pj Bupati Muba H Yusnin dalam sambutannya mengatakan tingkat perekonomian sebagian masyarakat Muba bergantung pada pertanian dan perkebunan. penyerahan bantuan secara gratis yang dilaksanakan ini bagian tanggung jawab dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas karet yang bermutu serta sumber pendapatan masyarakat dapat meningkat dari sebelumnya.

“Program kerja yang menyentuh langung seperti inilah yang dibutuhkan masyarakat. Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh 25 kelompok UPPB sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” tuturnya. (hdm/rel)

News Feed