oleh

TP PKK OKU Timur bersama Dinas Pertanian OKU Timur gelar Pelatihan Budidaya Tanaman Motode Hidroponik

OKUTIMUR, MS – Guna meningkatkan kapasitas kader PKK terutama Pokja 3, Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Timur bersama Dinas Pertanian menggelar pelatihan budidaya tanaman dengan metode hidroponik.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua TP. PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes, bertempat di halaman Puri Sebiduk Sehaluan pada Rabu, 06 Desember 2023.

Adapun kegiatan ini diikuti oleh 80 kader PKK dari 20 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten OKU Timur dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Pertanian, Ika Apriani.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten OKU Timur Nur Inayah, S.Pd., Pengurus Pokja 3 dan Pemgurus IIPK Bank Sumsel Babel.

Dalam sambutan dan arahannya, Ketua TP. PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes menyampaikan alasan dipilihnya pelatihan hidroponik lantaran mengingat sekarang banyak desa yang masyarakatnya sudah tidak memiliki lahan yang luas, jadi budidaya tanaman menggunakan hidroponik dapat menjadi alternatif lain.

“Pak Bupati punya program pembagian hidroponik secara bertahap, kemarin 7 kelurahan Kecamatan Martapura yang sudah mendapatkannya,” tuturnya.

Selain belajar menggunakan instalasi, dalam pelatihan ini juga diajarkan menggunakan secara sederhana, seperti menggunakan styrofoam, botol bekas dan metode sederhana lainnya.

“Tidak dipungkiri harga instalasi hidroponik mahal, untuk itu nanti disini juga akan diajarkan cara sederhana seperti menggunakan styrofoam, botol bekas dan lainnya,” ujarnya.

Di akhir kegiatan ini, dr. Sheila menyerahkan bibit secara simbolis kepada perwakilan kecamatan, dimana nantinya setiap kecamatan mendapatkan 3 bungkus bibit (1 bungkus berisi 1.000 batang) yang dapat digunakan untuk hidroponik dan juga bisa digunakan untuk tanam biasa. (Boy)

News Feed