You are here
Wabup Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Perumahan Korban Kebakaran DAERAH HEADLINE 

Wabup Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Perumahan Korban Kebakaran

LAHAT, MS – Wakil bupati Lahat H Haryanto didampingi ketua DPRD Lahat fitrizal Homizi ST, dan PLT Sekda Lahat Deswan Irsyad, melakukan peletakan batu pertama pembangunan perumahan yang tertimpa musibah kebakaran di Pasar Bawah beberapa waktu yang lalu.

Wakil Bupati Lahat Haryanto didampingi Kepala BPBD Ali Afandi menyampaikan rumah yang akan dibangun sebanyak 62 rumah, pembangunan ini telah melalui rapat teknis dengan warga Pasar Bawah RT 3 dan RT 4.

“Mudah-mudahan pembangunan ini cepat selesai, dan masyarakat dapat menghuni dan menikmatinya,” kata H Haryanto.

Kepala BPBD Ali Afandi menambahkan alokasi bantuan secara menyeluruh mencapai biaya sebesar Rp 2,6 M, yang berasal dari bantuan masyarakat sebesar Rp 1,1 M, melalui APBD sebesar Rp 1,4 M.

“Nilai pembangunan dan termasuk barang sebesar Rp 40 M,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan Ali Afandi bentuk rumah yang akan didirikan berukuran 3×6 yang disesuaian dengan kondisi tanah.

“Rumah type 36 disesuaikan dengan kondisi tanah mulai 6 ×6, 4×9, atau 9×4 atau 4,5 ×8 Meter persegi,” jelasnya.

Kepala Dinas perkim Lahat Limra Nauvan ST MT juga menerangkan bahwasanya pemukiman ini apabila hujan dengan intensitas tinggi dapat dipastikan akan banjir karena penampungan tepat untuk menyalurkan air yang ada tidak mampu menampung debit air.

“Untuk itulah kita perlu penataan, termasuk untuk pembangunan jalannya alur air agar tidak terjadi lagi banjir nantinya kita juga akan dibangun sistem sedotan pengalihan aliran air untuk mengantisipasi banjir sepanjang lebih kurang 100 meter hingga ke saluran air induk,” jelasnya.

Selain itu juga penataan dilakukan untuk jalan umum masuk kepemukiman agar dapat dilalui kendaraan roda empat.

“Pemukiman akan dibangun akses jalan yang dapat dilalui oleh kendaraan roda empat, dengan lebar 2 meter dan 4 meter,” tuturnya lagi.

Pembangunan rumah – rumah ini akan di laksanakan secepatnya, untuk itu di butuhkan dukungan dari semua pihak terkait untuk mempercepat pembangunan ini.

“Insya Allah tahun 2021 ini pembangunan ini akan selesai dan untuk masyarakat agar tetap menjaga ketertiban serta menjaga penataan kawasan yang baru,” tutupnya. (nur)